polrestuban.com – Senin (01/02) lalu, 28 Anggota Polres Tuban Penyintas Covid-19 mengikuti Screening Donor Plasma, 4 diantaranya dinyatakan layak mengikuti proses pengambilan plasma selanjutnya sampel darahnya dikirim ke laboratorium.

Kemarin siang, Rabu (03/02/2021) pukul 14.00 Wib, Bripka Agung Saputra anggota Satuan Intelkam Polres Tuban sesuai jadwal yang telah ditentukan akan mendonorkan plasma convalesennya. Ia merupakan pendonor pertama plasma convalesen dari Polres Tuban. Sebelum diambil Plasmanya, dilakukan pengecekan suhu terlebih dahulu dilanjutkan pengecekan tensi, dan anamnesa dokter. Setelah dinyatakan memenuhi syarat, proses pengambilan plasma bisa dimulai.

Kegiatan donor Plasma tersebut mendapat perhatian serius dari Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H., didampingi Paurkes Polres Tuban AIPTU Widodo melakukan pemantauan jalannya donor plasma convalesen di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) jln. Pramuka No. 2 Tuban.

“Sakit nggak?,” tanya Kapolres Ruruh kepada Agung yang sedang mendonorkan plasmanya.
“Nggak Komandan, seperti donor darah biasa,” terang Agung.

Dijelaskan oleh Ruruh dari 28 anggotanya yang lolos uji laboratorium baru 3 yang bisa diambil plasmanya sedangkan yang 1 dijadwalkan seminggu lagi menunggu hasil observasi laboratorium.
“Iya benar ada yang tertunda karena mungkin waktunya yang belum sesuai, sementara 3 anggota yang diambil Plasmanya, 1 anggota pelaksanaanya kemarin (03/02) dan yang 2 diambil hari ini,” terang Ruruh.

Sementara itu Sarju Efendi selaku Humas PMI Tuban menjelaskan pengambilan plasma convalesen bisa memakan waktu sekitar 45 menit sampai 1 jam.
Dan banyaknya plasma yang diambil sebanyak 600 ml dan dianjurkan untuk yang telah mendonorkan plasmanya memperbanyak minum air putih.
“Tidak ada vitamin, hanya perbanyak minum air putih atau minuman ber-ion lalu istirahat sekitar 10-15 menit,” pungkasnya.

Untuk jadwal hari ini kamis (4/2) yang melaksanakn donor plasma yaitu Aiptu Rahmad Muis Anggota Polsek Kota serta Ipda Khoirul Kanit Reskrim Polsek Singgahan sedangkan Bripka Arif Widya anggota Polsek Tuban dijadwalkan Minggu depan.

Diberitakan sebelumnya sebanyak 28 anggota Polres Tuban dan Polsek jajaran yang merupakan ‘Alumni’ Covid-19 atau yang pernah terpapar dan sudah dinyatakan sembuh mengikuti screening kelayakan donor plasma di gedung serbaguna Sanika Satyawada Polres Tuban, pada senin (01/02/2021) lalu, 4 diantaranya dinyatakan memenuhi syarat untuk pengambilan plasma konvalesen selanjutnya sampel darahnya dikirim ke laboratorium.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here