Senori – Personel Bhabinkamtibmas di Kepolisian Sektor (Polsek Polres Tuban dikerahkan turun ke desa binaan untuk memberikan edukasi kepada peternak terkait wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang mengancam ternak milik warga.

Bhabinkamtibmas diwajibkan mendatangi para peternak sapi dan warga yang memiliki hewan ternak di 12 desa wilayah Kecamatan Senori. Langkah itu diambil untuk mencegah penularan PMK di Kabupaten Tuban khususnya di wilayah Kecamatan Senori.

Seperti yang terlihat di kandang sapi milik Samsul Hadi warga Desa Medalem Kec, Senori. Dilokasi tersebut Bhabinkamtibmas Desa Medalem Aipda Widodo bersama Babinsa Sertu Subiyanto memberikan edukasi tentang pencegahan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan.

Kapolres Tuban AKBP Rahman Wijaya melalui Kapolsek Senori AKP Ali Kanapi mengatakan, Polsek Senori mempunyai 12 personel bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (Bhabinkamtibmas) sesuai dengan jumlah desa yang ada di wilayah Kecamatan Senori.

Sejak wabah PMK melanda Jawa Timur, Bhabinkamtibmas mulai turun ke desa binaan untuk melakukan edukasi terkait PMK pada hewan ternak.

“Tujuan utamanya memberikan edukasi gejala hewan terjangkit PMK. Kemudian juga langkah apa yang harus dilakukan pemilik ternak jika hewan ternaknya terindikasi terjangkit PMK,” kata AKP Ali Kanapi saat dikonfirmasi, Sabtu (23/7/2022).

“Jika mendapati ternaknya terindikasi terjangkit PMK, warga diminta segera melapor ke Bhabinkamtibmas atau ke mantri hewan terdekat,” tambahnya.

Menurut Kapolsek Senori, pengerahan personel Bhabinkamtibmas ini merupakan instruksi dari Kepolisian Daerah Jawa Timur.

Ali Kanapi mengatakan, pihaknya telah memerintahkan kepada seluruh personel Bhabinkamtibmas untuk memberikan nomor telepon mereka kepada warga. Personel Bhabinkamtibmas, harus mudah dihubungi warga sewaktu-waktu terutama selama masa kewaspadaan.

Menurut AKP Ali Kanapi, kegiatan edukasi PMK pada hewan ternak kepada warga masyarakat pemilik ternak ini masih berlangsung dan akan dilakukan secara terus menerus sampai wabah PMK dinyatakan telah selesai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here