polrestuban.com – PolresTubanPoldaJatim, Anggota Polsek Senori Polres Tuban dan petugas dari Perhutani mengintensifkan sinergi dengan melaksanakan patroli bersama di kawasan hutan KRPH Kaligede KPH Jatirogo masuk wilayah Desa Kaligede Kec. Senori Kab. Tuban sebagai upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) serta pembalakan liar (ilegal logging).

Hal tersebut dilakukan oleh anggota Polsek Senori Polres Tuban bersama petugas Polhut Eko Yulianto. Dipimpin Kanit Reskrim Aiptu Karsojo melakukan patroli bersama di kawasan hutan KRPH Kaligede KPH Jatirogo yang masuk dalam wilayah Desa Kaligede Kecamatan Senori.

Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H., melalui Kapolsek Senori Iptu Suganda, S H., mengatakan, maksud kegiatan sinergi antara Bhabinkamtihmas dan Polhut dengan melakukan patroli bersama adalah untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan serta ilegal logging di kawasan hutan yang ada di wilayah hukum Polsek Senori Polres Tuban.

“Tujuannya adalah melakukan deteksi dini pada area rawan kebakaran, melakukan sosialisasi pencegahan, serta mewujudkan kehadiran unsur pemerintah di tingkat bawah,” jelas Kapolsek Senori, Senin (7/9/2020)

Selain berpatroli, Petugas juga menyampaikan pesan dan ajakan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan kepada warga masyarakat yang menggarap lahan milik Perhutani. Biasanya ini adalah warga masyarakat yang tinggal disekitar hutan.

“Kita sampaikan pada warga melalui aksi sambang ke rumah-rumah, kebun dan ladang, tempat berkumpul, bahkan kepada masyarakat desa yang mereka temui di rute patroli,” katanya.

Menurut Kapolsek, menjaga kelestarian hutan adalah tugas bersama. Peran semua elemen masyarakat dibutuhkan.

“Mari bersinergi cegah kebakaran dan kerusakan lahan serta menjaga kelestarian alam bersama. Oleh karena itu, kami minta warga disekitar kawasan hutan untuk selalu berkoordinasi dan komunikasi,” ajak Iptu Suganda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here