Polsek Senori – Sebagai upaya mendukung pencegahan penyebaran penyakit mulut dan kuku ( PMK ) pada hewan ternak berkuku genap, khususnya di wilayah Kecamatan Senori Kabupaten Tuban Jawa Timur. Jajaran Polsek Senori Polres Tuban Polda Jawa Timur melaksanakan pendampingan vaksin kepada ternak milik warga.

Seperti yang dilakukan oleh anggota Bhabinkamtibmas Desa Kaligede Kecamatan Senori Bripka Aipda Nanang Eka bersama Babinsa Serma Kasmo dan Perangkat Desa mendampingi pelaksanaan vaksin kepada hewan ternak sapi milik warga Desa Kaligede yang dilaksanakan pada hari Minggu (31/7/2022).

Kapolres Tuban AKBP Rahman Wijaya, S.I.K., S.H., M.H., melalui Kapolsek Senori AKP Ali Kanapi, S.H., mengatakan, pendampingan vaksinasi hewan ternak Sapi dan Kambing yang dilakukan jajarannya melalui anggota Bhabinkamtibmas adalah langkah yang dilakukan Polsek Senori dalam mendukung Pemerintah untuk melakukan pencegahan penyebaran penyakit PMK.

“Untuk memberikan rasa aman kepada tim vaksinator dan edukasi kepada pemilik ternak, sehingga pengawasan dan pendampingan vaksin ternak ini sangat perlu supaya mampu menekan penyebaran wabah PMK khususnya di wilayah Kecamatan Senori,” ujar Kapolsek Senori.

Sementara itu Kapuskeswan Kecamatan Senori drh, Teguh Setiawan menjelaskan, Pemkab Tuban melalui Dinas Peternakan telah menyiapkan tim vaksinasi hewan ternak yang disebar ke seluruh kecamatan yang menjadi sentra peternakan sapi dan kambing, salah satunya di wilayah Kecamatan Senori dimana hal ini guna menekan penyebaran virus PMK pada ternak sapi, kerbau dan kambing.

Kegiatan vaksinasi ini dilakukan secara bertahap terhadap ternak yang sehat di wilayah yang tidak pernah terkena wabah PMK. Sedangkan untuk ternak yang terkena PMK langsung dilakukan pengobatan. “Ternak sakit dilakukan pengobatan, dan ternak yang sehat hanya diberikan vaksin,” katanya.

Berdasarkan data dari Bhabinkamtibmas Desa Kaligede Polsek Senori Aipda Nanang Eka, jumlah ternak sapi di Desa Kaligede Kecamatan Senori dari pagi hingga menjelang sore berhasil memberikan vaksin kepada Sapi dan Kambing sebanyak 100 ekor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here