polrestuban.com – PolresTubanPoldaJatim Sewaktu melaksanakan patroli bersama dengan petugas Perhutani di kawasan hutan KRPH Tinawun KPH Malo masuk wilayah Desa Wonosari Kec, Senori Kab, Tuban. Bhabinkamtibmas Desa Wonosari Polsek Senori Polres Tuban Aipda Ahmadi memberikan himbauan kepada Pesanggem (warga penggarap lahan milik Perhutani), Senin (9/11/2020) pagi.

Himbauan tersebut dilaksanakan sewaktu para penggarap persil sedang istirahat di sela sela pekerjaan mereka merawat tanaman di lahan masing masing. Pada waktu tersebut warga berkumpul di gubuk yang berada tengah lahan pertanian.

Dalam himbauanya Aipda Ahmadi meminta para Pesanggem agar tetap tenang di tengah isu sulitnya mencari pupuk. Warga diminta tidak melakukan hal-hal yang melanggar hukum seperti menghentikan kendaraan yang bermuatan pupuk.

“Mengajak warga untuk menjadi Polisi bagi diri sendiri dan orang lain” tutur Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H.

Lebih jauh Perwira Polisi dengan Dua Balok di Pundak ini menjelaskan warga Pesanggem ini biasanya teledor dalam memarkir Sepeda Motornya. Mereka sering memarkir motornya di pinggir jalan, kemudian di tinggal bekerja di lahan yang letaknya kadang kadang jauh di dalam hutan.

Akhirnya Sepeda Motor tidak ada yang mengawasi sehingga rawan terjadi kejadian pencurian Sepeda Motor. Dengan himbauan yang kita berikan diharapkan timbul kesadaran warga untuk menjaga barang miliknya sendiri ataupun milik orang lain sehingga tidak menjadi korban kriminalitas, urainya.

“Setidaknya kita sudah melakukan upaya untuk mencegah terjadinya curanmor dan gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polsek Senori,” pungkas Iptu Suganda.

Ditempat yang sama Joko petugas Perhutani dari KRPH Tinawun menyatakan pihaknya secara rutin melaksanakan patroli di kawasan hutan bersama dengan anggota Polsek Senori. Selain untuk mengantisipasi terjadinya tindak pidana pencurian kayu jati dan kebakaran hutan.

Kegiatan patroli bersama tersebut juga untuk mencegah terjadinya kejahatan yang lain, seperti yang telah dijelaskan oleh Kepolisian kepada warga masyarakat penggarap lahan persil milik PT. Perhutani, jelasnya.

“Kita pastikan hutan tetap lestari, warga Pesanggem pun aman dalam bekerja” imbuhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here