Senori-Kapolsek Senori Polres Tuban Polda Jawa Timur Iptu Suganda, S.H., bersama Camat Senori Ir. Suwasis,   melaksanakan silaturahmi kepada K.H. Jauharul Fahmi salah seorang tokoh agama di Desa Leran Kec, Senori Kab, Tuban, Jum’at (18/9/2020).

Kedatangan Kapolsek bersama Camat Senori diterima langsung oleh Gus Jo yang merupakan Ketua MWC NU didampingi Syuriah MWC NU Senori K.H. Mujamik Sulaiman. Kegiatan silaturahmi tersebut adalah bentuk kedekatan polisi dengan ulama yang ada di Kecamatan Senori.

Kunjungan Kapolsek ini dimaksudkan bertujuan untuk meningkatkan sinergi antara Kepolisian dengan berbagai elemen yang ada di masyarakat khususnya dengan para tokoh agama.

“Silaturahmi ini dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas di wilayah Kecamatan Senori yang kondusif dan meningkatkan sinergi Polri dan Tokoh Agama,” kata Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono, melalui Kapolsek Senori Iptu Suganda.

Perwira Polisi dengan Dua Balok di Pundak ini juga menjelaskan dalam silaturahmi ini merupakan kegiatan sambang kamtibmas kepada para tokoh agama (toga), tokoh masyarakat (tomas). Selain itu juga untuk menggali permasalahan yang terjadi di masyarakat serta menitipkan pesan Kamtibmas.

“Sebagai pelayan, pelindung, dan pengayom masyarakat, kita ingin menyerap informasi sekecil apapun terkait situasi kamtibmas maupun permasalahan yang ada,” ungkap Kapolsek.

Dengan adanya komunikasi yang baik, diharapkan akan terjalin kerjasama antara Polri dan para tokoh-tokoh agama maupun masyarakat. Silaturahmi ini pun diharapkan mampu menyerap aspirasi dan menekan potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Apabila telah terjadi komunikasi yang baik antara Kepolisian dengan berbagai pihak, maka situasi kamtibmas yang kondusif akan terwujud. Karena apabila terjadi hal-hal yang membutuhkan kehadiran kita para tokoh akan cepat memberi tahu kita” pungkasnya.

Sementara itu K.H. Jauharul Fahmi sangat mengapresiasi kegiatan silaturahmi yang dilakukan oleh Kapolsek kepada para ulama. Menurutnya dengan terjalinnya hubungan yang baik antara Ulama dan Umara maka akan tercipta kesejukan di masyarakat, sehingga keamanan dan ketertiban akan tercipta.

“Peran ulama adalah memberikan nasehat atau masukan kepada umara agar jalanya pemerintah dapat berjalan dengan baik,” tutur Gus Jo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here