Widang – Kepala Kepolisian Sektor Widang AKP Rukimin, S.H.M.H., bersama Forkopimka dan jajarannya serta relawan BBWS menanam rumput vetiver di tanggul dan bantaran Sungai Bengawan Solo, Jum’at (08/04/2022).
“Penanaman rumput vetiver tersebut dilaksanakan dalam rangka untuk mencegah terjadinya longsor di titik Tanggul hingga kawasan bantaran Sungai Bengawan Solo.
Setelah kegiatan, kepada warga sekitar lokasi penanaman Kapolsek mengimbau untuk ikut merawatnya. Tanaman ini hendaknya dirawat bersama-sama. Untuk itu kepada Bhabinkamtimas dan Babinsa serta pak Kades saya minta tolong supaya warga ikut merawatnya, ‘ ujarnya.
Lebih lanjut, Kapolsek menambahkan kegiatan penanaman rumput vetiver ini dilaksanakan guna mencegah terjadinya bencana longsor di tanggul maupun bantaran sungai Bengawan Solo.
” Sebab, manfaat dari rumput vetiver ini untuk mengikat dan menjaga kestabilan tanah agar kokoh dan tidak mudah longsor. Kita pilih di tanggul yang berada di Desa Kedungharjo dan Tegalrejo karena lokasi tersebut rawan longsor. Sudah beberapa kali mengalami retakan, ” jelasnya.
Untuk serabut rumput vetiver ini bisa menembus tanah hingga kedalaman enam meter. Sehingga tepat untuk ditanam di sisi Tanggul dan bantaran Sungai Bengawan Solo.
“Dengan penanaman ini diharapkan mampu menahan tanah saat terjadi arus pada waktu debit air meningkat maupun saat volume air menyusut, sehingga dapat terhindar dari bahaya bencana alam seperti tanah longsor yang bisa mengakibatkan banjir maupun kerawanan lainnya seperti warga tertimbun,” imbuh Kapolsek.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here