polrestuban.com – PolresTubanPoldaJatim Salah satu daerah di Wilayah Kecamatan Widang rentan terhadap bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) pada musim kemarau yang bercuaca kering. Wilayah Kecamatan Widang yang berada di ujung Selatan Kabupaten Tuban ini memiliki wilayah hutan.

Adapun, jarangnya hujan saat kemarau, membuat wilayah itu menjadi gersang dan tanaman pun mulai banyak yang mengering. Kondisi tersebut diantisipasi oleh Polsek Widang dengan melaksanakan patroli hutan menyusuri wilayah perhutani segagak yang berada di Desa Sumberjo, Senin (05/10/20).
Kapolsek Widang AKP Totok Wijanarko, S.pd., dalam keterangannya mengatakan, kegiatan patroli Karhutla dilaksanakan secara intensif oleh jajarannya dalam rangka mencegah dan antisipasi terjadinya kebakaran di hutan maupun lahan.
“Sebab, dengan situasi banyak dedaunan yang kering akan membuat mudah sekali api untuk membakar dan menjalar menjadi besar. Ini kita antisipasi sejak awal, dengan memberikan penjelasan dan imbauan kepada masyarakat khususnya yang berada dipinggiran hutan agar jangan melakukan pembakaran saat kemarau, ” terangnya.
Kebakaran hutan bisa disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya kebiasaan membuang rokok pada kawasan hutan, membuat api pada kawasan hutan, membuka lahan dengan membakar. Dengan kondisi cuaca kering, ditambah tiupan angin, bila terdapat sumber api, maka akan mudah menjalar ke sekelilingnya.
” Patroli pencegahan Karhutla sudah menjadi atensi dari pemerintah untuk itu kita ambil langkah antisipasi sejak dini supaya tidak terjadi bencana, ” tegas Kapolsek.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here