Senori-Cuaca panas yang akhir-akhir ini terjadi di hampir seluruh wilayah Kecamatan Senori. Menjadikan Polsek Senori Polres Tuban meningkatkan intensitas patroli di kawasan hutan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan, Senin (6/9/2021) siang.

Di Kecamatan Senori sendiri, ada dua (2) KPH yang kawasan hutannya berada di wilayah hukum Polsek Senori, yaitu KPH Jatirogo dan KPH Parengan. Hal itu menandakan luasnya hutan yang harus diamankan oleh Polsek Senori yang bekerja sama dengan instansi terkait.

“Cuaca panas, kita antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan” kata Kapolsek Senori AKP Ali Kanapi, S.H.

Perwira Polisi dengan Tiga Balok di Pundak ini menambahkan, kebiasaan warga yang tinggal di sekitar hutan, bilamana akan membuka dan menggarap lahan milik Perhutani adalah dengan cara membakar semak ataupun rumput kering sehingga rawan sekali terjadi kebakaran hutan.

Oleh karenanya dalam pelaksanaan patroli di kawasan hutan ini kita menghimbau kepada warga masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran ketika membuka lahan, tambahnya.

Sementara itu dilokasi berbeda Kapolres Tuban AKBP Darman, S.I.K., menyatakan kegiatan patroli di kawasan hutan yang dilaksanakan oleh anggotanya merupakan bentuk pelaksanaan perintah dari pimpinan karena Karhutla adalah atensi langsung dari Kapolri. Kita tidak sendiri dalam pencegahan Karhutla, sudah ada kerja sama dengan TNI dan pihak terkait lainya.

“Kita mempunyai satgas Karhutla untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya kebakaran lahan dan hutan” urai Darman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here