polrestuban.com – PolresTubanPoldaJatim Operasi Yustisi Penegakan hukum protokol kesehatan hari ini, Rabu (30/09/20) digelar di Wilayah Kecamatan Widang. Bertempat di depan Kantor Kecamatan Widang berlangsung kegiatan mulai pukul 09.00 Wib.

Kegiatan dipimpin oleh Kapolsek Widang AKP Totok Wijanarko, S.Pd., bersama Danramil 0811/11 Widang Kapten Istoha. Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan oleh personil gabungan TNI, Polri dan satpol PP.
Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan Penegakan hukum bagi pelanggar yang tidak menggunakan masker dengan tindakan sidang di tempat Oleh  Penyidik Polres Tuban dan JPU Kejari Tuban Serta Hakim Pengadilan Negeri Tuban Sesuai Peraturan Daerah Provinsi Jatim Nomor 2 tahun 2020.
Ditemui kontributor disela kegaiatan, AKP Totok Wijanarko menjelaskan bahwa kegiatan operasi yustisi yang digelar diwilayahnya untuk menegakkan hukum Protokoker Kesehatan bagi pelanggar khususnya penggunaan masker.
” Iya, hari ini kita dapat dukungan dari Pimpinan kesatuan atas untuk melakukan kegiatan operasi yustisi masker di Wilayah Kecamatan Widang dengan melibatkan personil dari Polres Tuban dan rekan TNI serta Pol PP. Ini adalah upaya dalam memutus mata rantai penyebaran Covid’19, ” jelasnya.
Saat kegiatan berlangsung, mendapat kunjungan dari Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono, S.I.K. S.H., M.H. Dalam kesempatan itu, Kapolres bertanya kepada pelanggar yang kedapatan tidak memakai marker, dan sedang menjalani sidang ditempat.
Pagi pak, sapa Kapolres, mengapa bapak tidak mengenakan masker? tanya Kapolres. Lalu dijawab oleh pelanggar, iya saya lupa, soalnya tadi saya terburu-buru mau menjemput keluarga, ” jawab pelanggar.
Lalu disambung lagi oleh Kapolres, bagaimana tanggapan bapak sebagai pelanggar dengan adanya tindakan sidang ditempat seperti sekarang?, jawab pelanggar ” Kami sangat setuju pak, karena ini demi untuk kepentingan bersama dalam pencegahan Covid’19, ” jawab pelanggar.
Masih dilokasi yang sama, AKP Totok Wijanarko menambahkan, bahwa saat ini kegiatan masih berlangsung, dan sudah didapatkan 28 pelanggar yang tidak mengenakan masker. Perlu diketahui bahwa kegiatan ini rutin dilakukan setiap hari dengan bergiliran.
“Semuanya kita proses dengan tindakan sidang ditempat. Sesuai dengan Perda Jatim Nomor 2 Tahun 2020, Pasal 27 c huruf b Jo Pasal 49 ayat 1, kepada pelanggar dikenakan denda @ Rp. 50.000,- ( lima puluh ribu rupiah). Semoga dengan adanya kegiatan ini, akan memberikan dampak positif bagi masyarakat untuk tidak abai dalam mematuhi Protokoker Kesehatan, ” tegas Kapolsek.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here