Pada hari kamis tanggal 11 Agustus 2021, dimulai dari pukul 09.30 Wib s/d 12.00 Wib, berlokasi di Kantor Pemkab Jl. Ra. Kartini, Kapolsek Tuban AKP M. Geng Wahono beserta anggota telah dilaksanakan kegiatan Monitoring & Pengamanan terhadap Aksi Unras oleh Ikatan Mahasiswa Muhammadyah Tuban sejumlah 30 orang dengan Korlap Sdr. Fani Fajar (Ketua IMM Tuban).

Aksi Unras oleh IMM di Alun-alun Kota Tuban dilakukan secara damai dan tetap menjaga protokol kesehatan dengan melakukan aksi Orasi di Halaman Kantor Pemkab. Tuban dan membawa alat peraga banner yang bertuliskan sbb PPKM Darurat Ekonomi Terkikis Rakyat Menangis, Dewan Tak Bermoral, IMM Bergerak, Nyalakan Lampu Jalan Raya, IMM Melawan, Kami Jual Kopi Bukan Jual Diri, Negara Ketergantungan Luhut Binsar P.

Adapun Tuntutan dari Masa Aksi yg disampaikan oleh Korlap dan 5 orang perwakilan masa aksi sbb :
1. Kekebalan Kelompok (Penyediaan Fasilitas Kesehatan, Vaksinasi dan 3T) berikan Sosialisasi kepada masyarakat Pelosok Desa.
2. Kami meminta kepada pemerintah Kabupaten terkait dengan kebijakan ekonomi PPKM Darurat harus dikaji ulang/dievaluasi.
3. Pelonggaran Pembatasan Untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).
4. Mempercepat Bantuan Sosial Untuk Masyarakat yg pada saat ini sangat Membutuhkan.
5. Memperkecil Pajak Klaster Menengah Kebawah.
6. Mendesak Pemerintah untuk Mengevaluasi terkait dengan Pemadaman Lampu.
7. Terkait dengan Dokumen Kependudukan (KTP) mau buat KTP ditanya kartu Vaksin. Sementara mau Vaksin ditanya KTP mohon dievaluasi pak.

Tanggapan dari Pemkab Tuban yg diwakili oleh Asisten II Ir. Sunarto MM dan Perwakilan dari Dinas OPD terkait tuntutan Aksi sbb :

Terkait dengan Kebijakan dan Program Pemerintah Pusat tetap harus dilaksanakan dan Mensosialisasikan kepada masyarakat. Kebijakan pemerintah menerapkan PPKM Darurat. Dan adanya Kelonggaran Pedagang di Level 3. Warteg rumah makan pengunjung masih dibatasi 50% dengan waktu diurasi makan 20 menit. Jadi tetap terapkan sesuai dengan Aturan-aturan Pemerintah Pusat/Permendagri terkait dengan PPKM Level 3 yg berlaku di Tuban s/d tgl 16 Agustus 2021. Dengan Adanya PPKM Darurat/Level 3 & 4 Kasus di Tuban alhamdulilah cenderung Menurun. Selain itu sampai saat ini bantuan Pemerintah sudah berjalan dari thn 2020. Total yg sudah kita usulkan sebanyak 77.132 pelaku Usaha dan Usaha Mikro sebanyak 4989.

Dan untuk mempercepat pelaksanaan Vaksinasi Pemkab. Tuban melalui Dinkes bekerja sama dengan Instansi TNI/Polri melaksanakan Vaksinasi Masal, akan dipecah melalui pelaksanaan Vaksin di Desa-Desa/kelurahan untuk menghindari kerumunan yg menumpuk di Kota Tuban.

Pemadaman Lampu PJU selama PPKM level 4 dan 3 dengan Pertimbangan serta tujuan adalah mengurangi mobilitas dan kerumunan berdasarkan alasan 3 poin dari yakni Facebook mobility berdasarkan No Hp yg bergerombol bisa terdeteksi no Hp, Google trafic dan Dari Pencahayaan Lampu.

Di tempat yang berbeda Kapolres Tuban AKBP Darman SIK menyampaikan bahwa ” Kami tidak melarang siapapun untuk menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah, namun harus tetap sesuai dengan aturan yang ada, selain itu untuk saat ini harus menerapkan disiplin Prokes, karena perlu diingat masih dimasa pandemi covid-19, jadi keselamatan dan kesehatan manusia harus jadi prioritas utama” tutur Kapolres.

#POLRES TUBAN HEBAT & PANDAI BERSYUKUR
(humaspolsektuban)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here