Polres Tuban – Personil Polsek Plumpang Polres Tuban Polda Jawa Timur rutin mengelar kegiatan patroli dan dialogis bersama warga guna untuk mengajak masyarakat peduli terhadap lingkungan serta bijak didalam menggunakan media sosial serta tidak terlibat dalam penyebaran berita berita bohong (hoaks) yang bisa merugikan diri sendiri, keluarga, lingkungan serta masyarakat secara luas.
Seperti pada Pagi ini, anggota Polsek Plumpang Polres Tuban melakukan patroli sekaligus dialogis bersama para pemuda yang sedang cangkruan di cafe bintang Desa Sumurjalak Kecamatan Plumpang, dan dalam kesempatan itu Briptu Qhodir mengajak para pemuda untuk santun didalam mengunakan media sosial serta tidak mudah menyebarkan berita berita bohong (hoaks), Jum’at, (10/09/2021) jam. 09.00 Wib.
“Kami minta untuk seluruh pihak terutama para pemuda harus bijak dalam menggunakan media sosial, serta turut berperan mencegah peredaran hoaks dan informasi yang belum jelas kebenarannya,” kata Pak Qhodir.
Dalam kesempatan dialogis itu, ia juga mengingatkan kepada para pemuda sebelum mengunggah sesuatu, masyarakat diminta untuk mengecek kebenaran informasi itu dari berbagai sumber terlebih dahulu, lalu pastikan kebenarannya.
Saat dikonfirmasi disela sela kegiatan patroli dialogis tersebut Briptu Qhodir menjlaskan bahwa pada saat ini hampir 70 persen penduduk Indonesia merupakan pengguna media sosial yang mempunyai akun di facebook, twitter, instagram, dan lainnya sehingga hal tersebut tanpa adanya kesadaran dari pengguna, akan memudahkan penyebaran hoaks, SARA, ujaran kebencian yang berpotensi menimbulkan permusuhan dan perpecahan ditengah tengah masyarakat.
“Untuk menangkal adanya berita berita bohong (hoaks) utamanya didunia Maya, penting masyarakat membudayakan literasi, berbicara baik, serta bijak dimedia sosial demi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, dan dengan kita perbanyak konten positif akan menekan konten hoaks, kebencian, pornografi, SARA, dan lain-lain,” jelasnya lagi
“Pihak kepolisian akan menjalankan aturan hukum sesuai undang-undang yang berlaku bagi para pelaku penyebaran hoaks demi terpeliharanya kamtibmas dan penindakan hukum itu adalah upaya terakhir, namun yang penting itu melakukan pencegahan, dan muncul kesadaran dalam diri masing-masing individu,” pungkasnya
Sementara itu, Kapolres Tuban AKBP Darman, S.I.K. melalui Kapolsek Plumpang AKP Wahyu Dwi Waluyo, SH saat dikonfirmasi ditempat terpisah mengatakan bahwasannya dalam rangka memerangi berita hoax, Polisi perlu dukungan dari seluruh warga masyarakat terutama para pemuda dan remaja, agar para pemuda dan remaja lebih bijak pada saat bermedsos serta pada saat menerima suatu berita yang belum tentu kebenarannya agar lebih teliti dan tidak serta merta meneruskan kepada orang lain.
“Kami menghimbau kepada seluruh warga agar bersama sama perang melawan adanya berita berita bohong (hoax) yang dapat meresahkan dan memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa, terang AKP Wahyu Dwi Waluyo, SH. (alif).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here