polrestuban.com – Polres Tuban Melaksanakan Pengamanan aksi damai oleh massa yang mengatasnamakan Gerakan Rakyat Oposisi Utara Perjuangan (GROUP) Ds. Tobo Kec. Merakurak di PT. Semen Indonesia dan Kantor Pemkab Jl. R. A. Kartini Tuban, Kamis(19/11/2020)

Puluhan Anggota Polres Tuban dan Polsek jajaran diterjunkan untuk mengamankan Aksi damai di PT Semen Indonesia dan Pemkab Tuban.

Massa aksi berjumlah sekitar 25 orang dipimpin Korlap Aksi Sdr. Budi Prasetyo berangkat dari titik Kumpul Desa Tobo Kec. Merakurak menuju PT. Semen Indonesia sekitar pukul 08.30 wib dengan menggunakan sepeda motor serta satu unit Mobil komando untuk mengangkut sound system, serta membawa sepanduk berisi tuntutan.

Karena tidak ada mediasi antara perwakilan massa aksi dengan pihak management PT. Semen Indonesia, sekitar pukul 09.00 wib massa bergeser menuju kantor Pemkab Tuban, sesampainya di lokasi massa aksi langsung melaksanakan orasi menyampaikan tuntutan

Di sela-sela Penyampaian tuntutan, massa aksi menggelar tumpengan syukuran dalam rangka HUT ke 727 Kab. Tuban.

Selanjutnya perwakilan massa aksi ditemui oleh Kadis Lingkungan Hidup Kab. Tuban Sdr. Bambang Irawan, Plt PTSP dan Naker Sdri. Asri Buana, Kabid Hubungan Industrial PTSP Kab. Tuban Sdr. Wadiono, Sdri. Siti Nurjanah dari Bappeda,

Sedikitnya ada 5 (lima) tuntutan antara lain menuntut penghentian pencemaran udara/ pembuangan debu, penghentikan perusakan alam yang semena-mena dan laksanakan reklamasi secara maksimal, Pemberian hak kompensasi sebagai warga terdampak dari aktivitas PT. Semen Indonesia, Pemberian hak pekerjaan untuk warga/pemuda sebagai kontribusi industri yang berada di wilayah sekitar, Penghentikan dugaan penyelewengan penggunaan dana CSR.

Adapun terkait tuntutan dari massa, pihak Pemkab sudah mengkomunikasikan dengan PT Semen Indonesia dengan hasil sebagai berikut, terkait Pandemi PT SI tdk ada rekrutmen tenaga kerja baru dan memastikan tdk ada PHK, terkait Kerusakan lingkungan yang di permasalahkan PT SI sdh melaksanakan reklamasi, adanya polusi udara yang ditimbulkan oleh kegiatan operasional PT SI sesuai kajian dari tim ahli masih dalam ambang batas, PT SI bersedia mangakomodir adanya pengaduan maupun laporan dari seluruh lapisan masyarakat khususnya dri ring 1, adapun terkait CSR dari PT. SI sudah memberikan dana sebesar Rp 250.000.000, kepada 26 Desa Ring 1 PT SI.

Setelah mendapatkan jawaban dari pihak Pemkab, sekitar pukul 10.30 wib massa aksi kembali ke titik kumpul dengan pengawalan dari Polsek Merakurak.

Kabagops Kompol Budi Santoso, S.H., M.H. menyampaikan guna menjamin keamanan dalam pelaksanaan aksi unjuk rasa tersebut Polres Tuban menerjunkan anggotanya di PT. Semen Indonesia dan kantor Pemkab Tuban

“Kita berikan Pengamanan kepada saudara-saudara kita dari Gerakan Rakyat Oposisi Utara Perjuangan (GROUP) ini supaya dalam penyampaian aspirasi ini bisa berjalan dengan tertib, lancar dan aman serta tetap Kita himbau tetap Patuhi Protokol Kesehatan dalam menyampaikan aspirasinya” Ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here