Tuban – Jelang pelaksanaan Ibadah Misa Natal 2021, Kepala Kepolisian Resor Tuban AKBP Darman, S.I.K., bersama bersama Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, S. E., serta Ketua DPRD Kabupaten Tuban H. Miyadi, S.Ag., M.M., melaksanakan pengecekan kesiapan di sejumlah Gereja yang ada di kabupaten Tuban., Senin (20/12).

Pengecekan diawali di gereja Santo Petrus yang terletak di jalan Panglima Sudirman yang merupakan gereja terbesar yang ada di kabupaten Tuban. Selanjutnya Kapolres Tuban bersama rombongan melanjutkan pengecekan di Gereja Kristen Indonesia jalan Yos Sudarso serta Gereja Kristen Jawa jalan Basuki Rahmat Tuban.

Menurut AKBP Darman, situasi kamtibmas jelang Misa Natal 2021 di wilayah Kabupaten Tuban berjalan kondusif, dalam pelaksanaan Misa Natal pihak gereja penyelenggara akan menerapkan protokol kesehatan serta memberikan ketentuan kepada para jemaat yang akan mengikuti Misa harus sudah divaksin Covid-19, serta menerapkan barcode aplikasi PeduliLindungi bagi jemaatnya.

“Hari ini serentak seluruh jajaran Polres se Jawa timur melaksanakan pengecekan keseluruh gereja, kebetulan di Tuban Kita di dampingi Pak Bupati dan pak Ketua Dewan dan Pak Sekda, harapannya kita melihat kesiapan gereja-gereja dalam perayaan Natal dan tahun baru” ucap AKBP Darman

“Tadi Kita sudah tanya-tanya disini sudah melaksanakan protokol kesehatan dan ada barcode aplikasi PeduliLindungi bahkan Kita tawarkan tadi bagi jemaatnya yang belum vaksin akan kita buatkan Posko vaksin didepan, nanti gereja yang paling besar ini kita siapkan seekdoor, jadi satu pintu masuk pada kegiatan ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan” Imbuhnya

Selain pengamanan Natal dan Tahun baru di gereja, Darman menjelaskan pihaknya juga akan menggelar personelnya untuk melaksanakan pengamanan di lokasi yang menjadi mobilitas masyarakat serta akses masuk wilayah kabupaten Tuban

“Kita ada pos perbatasan, disana kita siapkan posko terpadu covid disana yang diisi dinas kesehatan, TNI, Polri, masyarakat yang mudik nanti sesuai Inmendagri akan kita lakukan pengecekan sampling” jelas perwira berpangkat dua melati dipundak itu.

Masih kata Darman, selain pos pengamanan juga akan didirikan pos pelayanan di pusat kota untuk memantau kegiatan perayaan malam tahun baru, pihaknya akan melakukan penyekatan di seputaran Alon-alon dan melarang perayaan tahun baru dilakukan dipusat kota Tuban .

“Malam tahun baru tidak ada perayaan di pusat kota, silahkan rayakan malam tahun baru di rumah masing-masing, nanti kita akan buat himbauan-himbauan” tegas Alumni Akpol Sanika Satyawada itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here