polrestuban.com – PolresTubanPoldaJatim, Kanit Reskrim Polsek Senori Polres Tuban Aiptu Karsojo bersama Kanit Intelkam Aiptu Mafud Efendi melaksanakan silatuhrahmi ke kediaman Ketua PSHT Ranting Senori Zaki Mubarok di Desa Jatisari Kec, Senori, Jum’at (14/8/2020).

Kegiatan silatuhrahmi ke tokoh perguruan silat tersebut dimaksudkan dalam rangka koordinasi pengamanan rencana giat pengesahan siswa PSHT menjadi warga PSHT pada bulan Muharram (suro) mendatang.

Dimana pada bulan Muharram atau Suro dalam kalender Jawa perguruan silat PSHT mengadakan kegiatan pengesahan warga baru yang biasanya ranting-ranting PSHT se Kabupaten Tuban dipusatkan di satu tempat.

“Menjalin komunikasi, koordinasi dengan PSHT Ranting Senori guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan” jelas Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H., melalui Kapolsek Senori Iptu Suganda, S.H.

Perwira dengan Dua Balok di Pundak ini menambahkan, jumlah dan aliran perguruan silat di wilayah Kecamatan Senori ada banyak. Dimungkinkan ada oknum dari Perguruan Silat yang lain atau warga masyarakat yang tidak suka dengan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh PSHT.

Kemudian oknum tersebut melakukan provokasi yang akan menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. “Oleh karenanya kita laksanakan pengamanan untuk menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif” tambahnya.

Sementara itu Ketua Ranting PSHT Senori Zaki Mubarok di rumahnya Desa Jatisari Kecamatan Senori menyatakan dalam rangka menyambut Suroan. PSHT Ranting Senori mengadakan tirakatan dengan menggelar latihan bersama selanjutnya akan mengikuti pengesahan warga PSHT.

Sampai saat ini kita belum mendapatkan kepastian dimana lokasi pengesahan karena adanya pandemi Codvit-19 yang tidak memungkinkan kita berkumpul dalam jumlah banyak.

“Kita masih menunggu informasi dari pengurus cabang PSHT tentang lokasi pengesahan warga PSHT,” tutur Zaki Mubarok.

Akan tetapi langkah koordinasi dan pengamanan awal dari pihak Kepolisian juga perlu dihormati untuk mengantisipasi provokasi dari oknum yang ingin membuat gaduh situasi,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here