Aiptu Mafud Efendi, Ps Kanit Intelkam Polsek Senori Polres Tuban dalam kapasitasnya mewakili Kapolsek Senori Polres Tuban Iptu Suganda, S.H., menghadiri kegiatan pembekalan kepada Tim Pengangkatan Perangkat Desa oleh Tim Pengawas Kecamatan di Pendopo   Kec, Senori, Senin (22/3/2021).

Kegiatan yang berlangsung mulai  pukul 08.00 Wib, tersebut dihadiri oleh Camat Senori Ir, Suwasis, Danramil Senori Kapten Inf, Subandi, Tim Pengangkatan Perangkat Desa dari desa yang menyelenggarakan perekrutan Perangkat Desa dan Tim Pengawas dari Kecamatan Senori.

Mastar, Ketua Tim Pengawas Kecamatan Senori menjelaskan, untuk Kecamatan Senori pada tahun 2021 ada 5 desa yang akan menyelenggarakan perekrutan Perangkat Desa, diantaranya Desa Sendang, Rayung, Katerban, Wanglu Wetan dan Wanglu Kulon.

“Saat ini kita laksanakan pembekalan kepada Tim Pengangkatan Perangkat Desa dengan tujuan agar nantinya dalam pelaksanaan ujian Perangkat Desa bisa berlangsung dengan aman dan lancar,” jelasnya.

Sementara itu Camat Senori, Suwasis, menjelaskan bahwa pendaftaran Perangkat Desa tidak dipungut biaya alias gratis. Adapun syarat untuk menjadi Perangkat Desa, yakni siapapun bisa mencalonkan diri asalkan Warga Negara Indonesia (WNI), baik dari desa setempat maupun luar desa.

Namun, terdapat teknis aturan baru yang harus disosialisasikan ke masyarakat desa. Seperti, harus melalui tes yang dilakukan oleh Pemerintah Desa bekerjasama dengan Pemkab.  Selain itu, nantinya Perangkat Desa harus bisa bekerja membantu Kades dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa untuk pelayanan kepada warga masyarakat.

“Aturan ini sudah tertuang dalam perbup nomor 20 tahun 2018” tuturnya.

Sementara itu dilokasi berbeda Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono melalui Kapolsek Senori AKP. Musa Bakhtiar, S. Sos., M.M., mengimbau kepada warga masyarakat kususnya warga desa Sendang Kec, Senori, agar tetap menjaga kerukunan dengan mengedepankan komunikasi dan koordinasi.

“Jangan sampai momen pendaftaran Perangkat Desa ini dimanfaatkan oleh pihak pihak tertentu untuk membuat tidak suksesnya proses pengisian Perangkat Desa,” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here