polrestuban.com – Kepolisian Resor Tuban menggelar Apel Kesiapan Pasukan dalam rangka Pengamanan Pemungutan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tuban 2020, bertempat di Lapangan belakang Polres Tuban.

Bertindak selaku pimpinan apel Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H, Kegiatan Apel di hadiri Ketua PN Tuban Fathul Mujib, S.H., M.H., Kajari Tuban Bambang Dwi M, S.H., M.H., Dandim 0811 diwakili oleh Kasdim Mayor Arh. Teguh Prasetyo Wasis, S.Sos., Kasatpol PP Hery Muharwanto, S. Sos, M.Si. Ketua KPU Fathul Ikhsan, S.H., M.H., Ketua Bawaslu Bawaslu Tuban Sullamul Hadi, S. Ag., S.H., M.H. serta diikuti oleh Ratusan personel Gabungan TNI, Polri dan Linmas, Selasa (01/12/2020).

Apel gelar pasukan dilaksanakan dalam rangka untuk menyamakan persepsi dalam pelaksanaan Pengamanan serta kesiapan personel TNI, Polri maupun komponen masyarakat lainnya serta sarana prasarana yang akan digunakan dalam pengamanan pemungutan suara pada 9 Desember mendatang.

Dalam Amanatnya Kapolres Tuban menyampaikan 5 indikator yang menjadi ukuran suksesnya pelaksanaan pilkada ditengah pandemi covid-19 ini

“Kesuksesan Pilkada pada masa pandemi covid-19 ini ada 5 hal, yang pertama tingginya partisipasi masyarakat yang hadir untuk memilih, kedua setiap tahapan Pilkada berjalan dengan lancar, ketiga rendahnya pelanggaran atau sengketa yang terjadi pada proses Pilkada, ke empat paska Pilkada situasi Kondusif dan yang ke lima tidak terjadi lonjakan pasien covid-19 setelah pelaksanaan Pilkada”

Terkait pengamanan Pilkada Polres Tuban telah mempersiapkan ribuan personel gabungan TNI Polri, Pol PP dan Linmas.

“Polres Tuban akan menerjunkan 590 personil Polri dibantu Satuan Brimob Bojonegoro serta 2 peleton dalmas Polda Jatim, 391 personel dari TNI, dari Satpol PP sebanyak 71 personil serta Linmas 6.270 personil untuk mengamankan Pilkada 2020 kabupaten Tuban” Ucap Ruruh.

Ditanya terkait upaya preventif yang dilakukan Polres Tuban untuk mengantisipasi terjadinya cluster covid-19, AKBP Ruruh menjelaskan

“Salah satu upaya Kita adalah operasi yustisi, pendisiplinan masyarakat yang terus kita laksanakan disemua kecamatan, supaya pesan ini tersampaikan kepada Masyarakat termasuk himbauan protokol kesehatan di media sosial” jelas Ruruh

Mengakhiri amanatnya, Alumni Akpol 2000 itu berpesan kepada semua personel yang terlibat dalam pengamanan Pilkada untuk menjaga kesehatan .

“Pesan saya Jaga kesehatan rekan-rekan, terlebih yang akan ditugaskan Pengamanan di TPS” Pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama ditanya terkait pelanggaran ketua Bawaslu Tuban Sullamul Hadi, S. Ag., S.H., M.H. mengatakan ketiga pasangan cukup taat dalam penerapan protokol kesehatan.

“Alhamdulillah ketiga calon cukup taat, kalaupun ada yang sedikit membandel namun selama ini cukup aktif kita lakukan himbauan sehingga mereka juga taat pada protokol kesehatan” Ujar pria yang akrab di sapa Gus Hadi itu.

Usai apel gelar pasukan, dilanjutkan dengan kegiatan simulasi pengamanan pemilukada bupati dan wakil bupati Kabupaten Tuban saat pandemi covid-19, Kegiatan ini disaksikan oleh para tamu undangan dan peserta apel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here