Widang – Upaya pencegahan dan penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak, khususnya di Wilayah Hukum Polsek Widang, AKP Rukimin, S.H.M.H., memberi perintah kepada Bhabinkamtibmas untuk rutin melakukan Patroli PMK guna pengecekan dan monitoring.
“Kegiatan ini dilakukan dengan mendatangi secara langsung ke peternakan warga yang memelihara hewan ternak sapi, kerbau, kambing, domba, dan hewan ternak lainya, ” ujar Kapolsek, Jum’at (08/07/22).
Kepada anggota Bhabinkamtimas kita bekali pengetahuan terkait indikasi hewan yang diduga terjangkit virus PMK, diantaranya kondisi suhu tinggi dengan dipegang  pada pangkal telinga, lalu adanya lendir dimulut, bisa juga melepuh dihidung.
” Indikasi lainnya yakni¬† lidah menjulur, terus napsu makan berkurang, kondisi kaki pincang dan bisa jadi ada luka pada kaki yang berbatasan dengan kuku/ luka pada celah kuku maupun kuku bisa lepas dan napas cepat, ” terang Kapolsek.
Kapolsek juga menjelaskan, pemantauan dan pengecekan hewan ternak disejumlah tempat dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK), khususnya di Wilayah Hukum Polsek Widang, ” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here