Widang – Pemilihan Kepala Desa atau Pilkades di Wilayah Kecamatan Widang dilaksanakan secara serentak di tahun 2022 dengan menggunakan sistem manual dan penerapan protokol kesehatan yang ketat.
” Dalam Gelaran tersebut terdapat tahapan yang dimulai dari Sosialisasi dan Pembentukan Panitia Pilkades.
Tampak hari ini, Kamis (30/06/22) di Balai Desa Sumberjo Kecamatan Widang Tuban Jawa Timur berlangsung rapat yang dihadiri BPD bersama pemerintah desa, LPMD, Ketua RT/RW, PKK Karang Taruna dan lembaga kemasyarakatan desa serta tokoh masyarakat untuk membentuk panitia pemilihan kepala desa.
“Adapun yang dapat menjadi anggota Panitia Pilkades ialah mereka dari Perangkat Desa, Pimpinan maupun anggota LKD  (Lembaga Kemasyarakatan Desa), LAD (Lembaga Adat Desa), Tokoh masyarakat serta unsur Satgas Gugus Covid 19 tingkat Desa.
Seperti yang dijelaskan dalam Peraturan Bupati Tuban Nomor : 09 Tahun 2022 tentang pemilihan kepala Desa di Wilayah Kabupaten Tuban, bahwasanya bisa memilih Panitia sebanyak 7 (Tujuh) orang.
” Setelah terbentuk Panitia Pilkades, dilanjutkan dengan Sosialisasi. Dalam sosialisasi disampaikan adanya KPPS ( Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) dan anggota nantinya akan mendapat pembekalan sebelum melaksanakan tugas.
Materi pembekalan terkait mekanisme pemilihan dan penghitungan suara serta mekanisme Pembuatan Berita Acara di TPS. Dengan adanya pembekalan dan pengetahuan yang dimiliki oleh KPPS akan meminimalkan potensi permasalahan yang ada, terutama terjadi di TPS.
” Massa kampanye  kami mengharap kepada calon dalam Pilkades nantinya agar tidak dilakukan dengan cara terbuka, ini dengan pertimbangan untuk stabilitas keamanan. Sebaiknya dilakukan secara dialogis terkait penyampaian Visi Misi dengan mengundang tokoh agama, masyarakat dan Pemuda di Balai Desa, tentunya dengan jumlah terbatas dan mengedepankan Protokol kesehatan Covid 19, ” ujar Kapolsek Widang AKP Rukimin, S.H.M.H., yang turut hadir dalam kegiatan tersebut.
Adapun Panitia Pilkades Desa Sumberjo Kecamatan Widang Tuban 2022 yang sudah terbentuk sebagai berikut, Supadno dari tokoh masyarakat sebagai Ketua, lalu Haenis Sutrisno Eko dari perangkat desa sebagai Wakil ketua, Faiqotin  dari PKK sebagai Sekretaris/bendahara, Mukhtar Rosyid dari Perangkat Desa sebagai anggota, Hartono dari Perangkat Desa sebagai anggota, Sukarno dari Perangkat Desa sebagai anggota dan Isbudiyanto dari Perangkat Desa sebagai anggota.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here