Senori – Kapolsek Senori Polres Tuban Polda Jawa Timur Iptu Suganda, S.H., bersama Forkopimcam Senori dan petugas dari Dinas Sosial Kab, Tuban wilayah Kecamatan Senori. Melaksanakan pengecekan kualitas Beras yang dikirim oleh Suplier yang telah ditunjuk oleh PT. Bulog di Pendopo Kec, Senori, Jum’at (13/11/2020).

Beras tersebut direncanakan akan dibagikan kepada warga masyarakat di 12 Desa se Kecamatan Senori yang telah terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) melalui program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari Pemerintah Pusat.

Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H., melalui Kapolsek Senori Iptu Suganda, S.H., menjelaskan Bantuan Pangan Non Tunai merupakan Program Pemerintah Pusat yang diberikan secara langsung kepada masyarakat kurang mampu setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik (kartu KKS).

Kartu ini digunakan hanya untuk membeli bahan pangan di toko-toko atau agen yang telah bekerja sama dengan Bank yang sudah ditunjuk oleh Pemerintah untuk menjadi agen penyalur BPNT.

Sedangkan peran Polri dalam program ini sesuai MoU dengan Kementerian terkait adalah melaksanakan pengamanan. Hal tersebut mencakup dalam kelancaran pendistribusian, pengecekan kelayakan beras yang akan dibagikan kepada warga masyarakat sampai proses  pengambilan oleh warga di agen-agen penyalur BPNT.

“Unsur yang dikedepankan dalam kegiatan tersebut adalah Bhabinkamtibmas, yang memang sudah mengetahui kondisi di desa masing-masing” tutur Iptu Suganda.

Sementara itu Munadi, petugas dari Dinas Sosial Kab, Tuban sekaligus koordinator BPNT di Kecamatan Senori menjelaskan, untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di wilayah Kecamatan Senori  kurang lebih 300  orang. Nantinya masing-masing KPM mendapatkan uang sebesar Rp. 200.000,-, yang telah ditransfer oleh Bank setiap bulannya. Kemudian uang tersebut digunakan untuk membeli bahan makanan di agen yang telah ditunjuk oleh Bank.

“Warga yang menerima BPNT tinggal datang ke toko sebagai agen dan menyerahkan kartu PKH untuk mendapatkan Beras, Telor, Daging Ayam, Tahu dan tempe” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here