Senori – Kapolsek Senori Polres Tuban Polda Jawa Timur AKP Ali Kanapi, S.H., bersama Camat Senori Ir. Suwasis dan Danramil Senori Kapten Inf. Subandi, menghadiri launching rumah restorative justice di Balai Desa Rayung Kecamatan Senori, Jum’at (1/4/2022).

Kegiatan yang berlangsung mulai pukul 16.00 Wib tersebut diselenggarakan oleh Kejaksaan Negeri Tuban. Selain Forkopimcam Senori turut hadir pada acara tersebut Kades se kecamatan Senori dan tentunya Tim dari Kejaksaan Negeri Tuban yang dipimpin langsung oleh Kajari Tuba, Suhendri, S.H., M.H.

Dalam sambutannya Kapolsek Senori AKP Ali Kanapi, S.H., yang mewakili Forkopimcam Senori mengucapkan terima kasih kepada Kajari Tuban yang telah sudi memberikan kepercayaan kepada Kecamatan Senori khususnya desa Rayung mnjadi tempat launching rumah restorative justice.

Restorative Justice juga merupakan program unggulan Kapolri untuk memberikan solusi dan jalan keluar permasalahan yang terjadi di masyarakat di luar jalur peradilan. DariĀ  program ini ada beberapa Polsek di jajaran Polres Tuban tidak lagi melakukan penyidikan, jelas Kapolsek Senori.

“Dengan adanya rumah restorative justice ini kita berharap bisa berkolaborasi dalam memberikan solusi permasalahan yang terjadi di masyarakat,” harap AKP Ali Kanapi.

Sementara itu dalam paparannya Kajari Tuban Suhendri, S.H., M.H., menjelaskan, rumah restorative justice adalah program Kejaksaan RI. Program ini bertujuan untuk memberikan solusi permasalahan hukum yang terjadi di masyarakat sehingga tidak sampai ke meja hijau.

Nantinya kita bersama instansi terkait akan bekerjasama untuk menyelesaikan permasalahan hukum yang terjadi di masyarakat dengan wadah rumah restorative justice.

Diharapkan dengan adanya rumah restorative justice dapat mengurangi adanya sengketa hukum di pengadilan yang imbasnya dapat menghemat anggaran negara, jelasnya.

“Rumah restorative justice ini akan kita luanching di seluruh Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Tuban,” jelas Suhendri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here