Senori-Untuk memastikan datangnya bulan ramadhan 1443H/2022M, Kantor Kementerian Agama Kab. Tuban bersama Tim Badan Hisab Rukyat (BHR) melaksanakan rukyatul hilal di Menara Rukyatul Hilal Kab. Tuban yang terletak di Desa Banyu Urip Kecamatan Senori, Jum’at (1/4/2022) sore.

Hadir pada kegiatan tersebut Kapolres Tuban AKBP Darman, S.I.K., yang diwakili oleh Kapolsek Senori AKP Ali Kanapi, S.H., Kepala Kemenag Kab, Tuban Drs. M. Kosim, M.H., Kabid Kesra Kab, Tuban Joko Sarwono  Kepala MUI Cab, Tuban K.H. Kasduri, Camat Senori Drs. Minto Ikhtiar, Danramil Senori Kapten Inf, Subandi dan Tim BHR Kab, Tuban.

Kapolres Tuban AKBP Darman melalui Kapolsek Senori AKP Ali Kanapi mengatakan, sebagai lembaga yang dipercaya oleh pemerintah untuk memelihara kamtibmas di masyarakat pihaknya menerjunkan 4 personil Polsek Senori untuk mengamankan kegiatan tersebut untuk menjamin kelancaran kegiatan rukyatul hilal.

“Apapun bentuk kegiatan yang ada di masyarakat sudah tugas kita untuk memberikan pengamanan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab Polri” tutur Kapolsek Senori.

Lebih jauh Ali, sapaan akrab Kapolsek Senori menyatakan bahwa kegiatan rukyatul hilal ini merupakan kegiatan pemerintah untuk kemaslahatan umat. Oleh karenanya kita wajib memberikan pengamanan sebagai wujud tanggung jawab Polri kepada negara.

“Tim BHR dan para undangan berhasil melihat hilal pada pelaksanaan rukyatul hilal sore ini” jelas M. Kosim Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Tuban.

Dia menambahkan ada 3 orang saksi yang dapat melihat Bulan, setelah para saksi tersebut kita sumpah. Hasil Rukyatul Hilal sore ini akan kita laporkan ke Kemenag pusat sebagai bahan laporan dan pertimbangan pemerintah dalam menentukan awal puasa, tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here