polrestuban.com – PolresTubanPoldaJatim
Perum Perhutani KPH Jatirogo Divisi Regional Jawa Timur, melakukan kegiatan penanaman bersama tanaman di kawasan hutan petak 142 B RPH Soko Medalem BKPH Bate, Selasa (22/12/2020).

Kapolsek Senori Polres Tuban Iptu Suganda, S.H., yang diwakili oleh Kanit Reskrim Aiptu Karsojo didampingi Kanit Provost Aipda Ahmadi dan Kasi Humas Aipda Widodo bersama Sekcam Senori dan perwakilan dari Koramil Senori menghadiri kegiatan yang dimulai pukul 08.00 Wib tersebut.

Sebanyak 302 ribu plances tanaman Jati dan rimba campur seperti Kesambi, Mahoni, Kepoh, Nangka, Jambu, akan ditanam di kawasan hutan petak 142 B yang masuk wilayah pemangkuan RPH Soko Medalem BKPH Bate turut Desa Medalem, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

“Semoga kedepannya juga dapat bermanfaat bagi masyarakat kawasan hutan yang berada di bawah naungan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH),” tutur wakil ADM KPH Jatirogo Irawan Bintoro Aji di lokasi penanaman.

Irawan menambahkan perum Perhutani KPH Jatirogo pada tahun 2020 ini, telah menyiapkan 2 juta 200 bibit pohon diperuntukkan reboisasi kawasan hutan dari total 18.763,2 Hektare KPH Jatirogo akan ditanam jati dan rimba campur di lahan seluas 917 hektare area di wilayah 6 BKPH KPH Jatirogo yakni BKPH Bate, Bahoro, Sekaran, Ngulahan, Bancar, Bangilan.

“Sudah 80 persen selesai tanam. tujuannya untuk melestarikan hutan dan sumber air serta kondisi oksigen tetap lestari di kehutanan,” tambah Irawan sapaan wakil ADM KPH Jatirogo tersebut.

Sementara itu Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H., melalui Kapolsek Senori Iptu Suganda, S.H., menjelaskan pihaknya sangat mendukung upaya penanaman tanaman yang dilakukan oleh Perum Perhutani kususnya di wilayah KPH Jatirogo.

Kapolsek Senori berharap setelah kegiatan penanaman ini, masyarakat yang berada disekitar hutan yang sudah tergabung dalam LMDH dapat ikut menjaga kelestarian hutan dengan tidak melakukan perusakan hutan maupun melakukan ilegal logging.

“Merupakan tanggung jawab bersama untuk menjaga kelestarian hutan, supaya ekosistem hutan dapat terjaga. Hutan yang lestari akan menyediakan air dan oksigen bagi kita semua,” ungkap mantan Paur Humas Polres Tuban ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here