Senori – Untuk memastikan berakhirnya bulan ramadhan dan datangnya 1 Syawal 1443H/2022M, Kantor Kementerian Agama Kab. Tuban bersama Tim Badan Hisab Rukyat (BHR) melaksanakan rukyatul hilal di Menara Rukyatul Hilal Kab. Tuban yang terletak di Desa Banyu Urip Kecamatan Senori, Minggu (1/5/2022) sore.

Hadir pada kegiatan tersebut dari kantor Kemenag Kab, Tuban Sahid, Ketua MUI Tuban H. Kusnan Dimyati, Kapolres Tuban yang diwakili oleh Kapolsek Senori AKP Ali Kanapi, S.H., Camat Senori Drs. Minto Ikhtiar, Ndanramil Senori yang diwakili oleh Peltu Mahmudi, Ketua MWC NU Senori, Tokoh Agama dan undangan dari berbagai elemen masyarakat.

Sedangkan untuk mengamankan kegiatan yang dihadiri oleh sekitar 40 orang tersebut, Kapolsek Senori AKP Ai Kanapi, S.H., menerjunkan 3 anggota untuk melaksanakan pengamanan di lokasi rukyatul hilal guna menjamin keamanan dan kelancaran kegiatan rukyahtul hilal.

“Apapun bentuk kegiatan yang ada di masyarakat sudah tugas kita untuk memberikan pengamanan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab Polri” tutur Kapolres Tuban AKBP Darman melalui Kapolsek Senori AKP Ali Kanapi.

Lebih jauh pak Ali sapaan akrab Kapolsek Senori menyatakan bahwa kegiatan rukyatul hilal ini merupakan kegiatan pemerintah untuk kemaslahatan umat. Oleh karenanya kita wajib memberikan pengamanan sebagai wujud tanggung jawab Polri kepada negara dan masyarakat.

“Tim kita belum melihat hilal pada pelaksanaan rukyatul hilal sore ini, dan akan kita sampaikan ke Kemenag untuk dijadikan pertimbangan penentuan 1 Syawal 1443 H,” jelas Sahid Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Tuban.

Hal tersebut dikarenakan Bulan lebih dulu terbenam dari pada Matahari jadi kemungkinan hari Raya Idul Fitri akan jatuh pada hari Kamis. Akan tetapi apapun hasil yang kita dapatkan hari ini akan dilaporkan ke Kementerian Agama Pusat untuk dijadikan pertimbangan dalam penetapan 1 syawal. Sementara kita tetap menunggu keputusan dari pemerintah untuk merayakan Idhul fitri, tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here