polrestuban.com – polrestubanpoldajatim
Senori – Kapolsek Senori Polres Tuban AKP Ali Kanapi, S.H., memimpin pengamanan pelaksanaan pemulasaran jenazah negatif Covid-19 dengan prosedur protokol kesehatan di Dsn, Tapen Desa Sidoharjo Kec, Senori, Kamis (9/9/2021) pagi.

Diketahui warga Dsn, Tapen Desa Sidoharjo berinisial SPD (65 Th) meninggal dunia di RS Aisyah Bojonegoro. Berdasarkan hasil swab antigen hasilnya negatif Covid-19, sedangkan tes PCR belum keluar hasilnya.

Akan tetapi karena almarhum selama hidupnya juga mengidap penyakit Hepatitis, oleh karenanya pihak RS Aisyah menyerahkan proses pemulasaran dan pemakaman jenazah kepada pihak Puskesmas Senori.

“Hasil tes antigen negatif akan tetapi karena almarhum juga mengidap penyakit Hepatitis oleh karenanya kita laksanakan pemulasaran dengan protokol Covid-19”, jelas Mubasori petugas dari Puskemas Senori.

Untuk menghindari penolakan dari keluarga dan mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan, untuk proses pemulasaran kita melibatkan anggota keluarga dan Modin setempat untuk membantu, tentunya dengan memakai APD lengkap, tambahnya.

Sementara itu Kapolres Tuban AKBP Darman, S.I.K., melalui Kapolsek Senori AKP Ali Kanapi, S.H., membenarkan atas kejadian ini, “Iya benar, kemarin pagi sekitar jam 07.00 Wib, personel dari Polsek Senori bersama Koramil, Satpol PP dan Puskesmas Senori melakukan pemulasaran jenazah warga dengan prosedur Covid-19”, katanya.

Ali Kanapi, menjelaskan kronologisnya, warga yang berinisial SPD warga Desa Sidoharjo ini hari Rabu (8/9) pagi dibawa oleh keluarga ke RS Aisyah karena mengeluh badannya demam. Kemudian pasien dites antigen hasilnya negatif, sementara mempunyai riwayat sakit TBC dan Hepatitis.

Pasien dinyatakan meninggal oleh pihak RS Aisyah pada hari Rabu sekira pukul 23.00 Wib dan kamis pagi diantar oleh pihak RS Aisyah ke rumah almarhum menggunakan ambulans rumah sakit.

Kapolsek menambahkan terkait pemulasaran dan pemakamannya menggunakan protokol Covid-19. “Karena  meskipun hasil tes swab antigen negatif, kaan tetapi almarhum mengidap TBC dan Hepatitis yang juga penyakit menular maka pihak Puskesmas Senori menggunakan protokol covid-19”, tambahnya.

“Sehingga Personel Polsek Senori bersama Koramil dan Puskesmas Senori melakukan pengamanan dan monitoring pemulasaran dan pemakaman almarhum”, lanjut Ganda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here