polrestuban.com – PolresTubanPoldaJatim Memasuki musim penghujan sejumlah sungai dipenuhi dengan tumbuhan Enceng gondok, salah satunya Kali Avour Kuwu yang terhubung dengan Wilayah Kecamatan Rengel, Plumpang dan Widang.

Selain pendangkalan sungai, salah satu penyebab terjadinya banjir yang menggenangi permukiman warga hingga sawah dan tambak itu disebabkan oleh menumpuknya tumbuhan Enceng gondok.
Bertempat di Pendopo Kantor Kecamatan Widang, Senin (01/02/21) Forkopinka Widang dan Forkopimka Plumpang melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi untuk penanganan kali Avour Kuwu.
” Disamping Forkopimka, hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Desa se Kecamatan Widang dan 4 Kepala Desa dari Wilayah Kecamatan Plumpang, ” ucap Kapolsek Widang AKP Totok Wijanarko, S.Pd.
Kapolsek menambahkan, untuk kali Avour Kuwu sudah dibahas intern Forkopimka Widang dengan seluruh Kepala Desa se Kecamatan Widang beberapa waktu lalu setelah tanggul jebol dan menenggelamkan sawah serta tambak, hingga menimbulkan kerugian materiil bagi petani.
” Kali ini koordinasi diperluas dengan melibatkan Forkopimka Plumpang dan sebagian Kadesnya. Sebetulnya sudah kami usulkan agar penanganan akan maksimal, sebaiknya melibatkan Pemerintahan yang ada hubungannya dengan kali Avour Kuwu, ” imbuh Kapolsek.
Beberapa waktu lalu sudah kami sampaikan, Kali Avour Kuwu ini ketika meluap berdampak pada Wilayah Kecamatan Rengel, Plumpang dan Widang serta Kecamatan Laren Lamongan.
” Sebaiknya dalam penanganan, pihak pihak diatas semua harus dilibatkan. Jangan sampai di satu wilayah menyelesaikan masalah, namun di wilayah lain menimbulkan masalah baru. Ini harus dicegah agar tidak terjadi konflik, ” tegas Kapolsek.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here