polrestuban.com – PolresTubanPoldaJatim Kapolsek Montong Polres Tuban Bersama Team Penanganan Covid 19 Kecamatan Berkunjung Ke Kampung Tangguh Semeru

Montong, 25/9/2020

Kapolsek Montong Polres Tuban Akp Nungki Sambodo, Sh bersama Forkopimka melakukan kunjungan di melaksanakan peninjauan Posko Kampung Tangguh Covid-19 di Dsn Krajan desa Montongsekar, kamis, 24/9/2020

Dalam kunjungannya Kapolsek Montong Polres Tuban Menyampaikan, kampung tangguh yang sudah diresmikan Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono, S.I.K, S.H, M.H beberapa bulan yang lalu ini untuk memberdayakan potensi di setiap desa dalam melakukan kesiapan tindakan awal terkait dengan upaya untuk memberantas covid-19.

Termasuk tindakan awal jika ditemukan warga yang terkonfirmasi positif sampai dengan pengurusan dan pemakaman jenazah yang sehari sebelumnya telah dilaksanakan pelatihan Pemulasaraan Jenazah sesuai SOP Covid-19

Kapolsek  menjelaskan maksud dan Tujuan pembentukan kampung tangguh adalah :
1. Masyarakat bisa menyelesaikan masalahnya sendiri dan menjaga secara mandiri oleh masyarakat setempat.
2. Meningkatkan perannya terhadap protokol kesehatan
3. Mendeteksi keluar masuk warga asing
4. Mampu memakamkan secara mandiri korban positif Covid-19 jika petugas medis mengalami kekurangan
5. Mampu menjaga swadaya pangan
6. Mampu berkomunikasi aktif dengan stekholder terkait.

“Selain itu ada tiga hal yang menjadi prioritas dalam pembentukan kampung tangguh, yaitu, ketahanan pangan/ekonomi, ketahanan medis, dan ketahanan lingkungan (keamanan),” ujar Kapolsek.

Kapolsek menjelaskan, ketahanan pangan meliputi ketersediaan sembako yang menjadi bahan pokok utama di kampung tangguh dilihat dari adanya lumbung padi dan suplai dari masyarakat.
Harapannya, masyarakat mampu berbudidaya pangan.

Ketahanan medis meliputi siapnya tenaga medis, peralatan medis dan obat-obatan terkait covid 19.

Seperti meningkatkan kegiatan poskamling, serta prosedur terkait keamanan kampung tangguh seperti SOP keluar masuk warga, buku mutasi perjalanan warga, buku jaga dan buku tamu.

“Konsep kampung tangguh ini di mana masyarakat paham bagaimana mengantisipasi penyebaran Covid-19 dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan atau yang telah dipersiapkan,” tutupnya.

( humas polsek montong )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here