polrestuban.com – PolresTubanPoldaJatim Anggota Polsek Senori Polres Tuban yang dipimpin oleh Kanit Reskrim Aiptu Karsojo bersama dengan anggota Polhut dari KPH Jatirogo melaksanakan patroli di area hutan jati KRPH Kaligede yang masuk wilayah Desa Kaligede Kecamatan Senori, Senin (31/8/2020).

Pelaksanaan patroli dimaksud dalam rangka mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan sekaligus mencegah pembalakan liar oleh warga masyarakat.

Menurut Aiptu Karsojo pada masa musim kemarau seperti saat ini pohon jati akan merangas ditambah rumput dan semak belukar dibawahnya ikut mengering sehingga mudah sekali terjadi kebakaran hutan.

Dalam pelaksanaan patroli bersama kita menghimbau kepada warga yang menggarap lahan hutan untuk tidak melakukan pembakaran lahan baik disengaja atau tidak serta melaporkan ke petugas apabila mengetahui adanya kebakaran hutan maupun pembalakan liar, urainya.

“Kebakaran hutan dan pembalakan liar akan mengakibatkan kerusakan hutan dan merusak ekosistem hutan” ungkap Karsojo.

Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono, melalui Kapolsek Senori Iptu Suganda, membenarkan kegiatan yang dilakukan oleh anggotanya. “Sesuai perintah dari Kapolres Tuban untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan kita laksanakan patroli bersama dengan Polhut dan pemasangan spanduk himbauan tidak membakar hutan di tempat yang mudah dilihat masyarakat sekitar hutan” ujarnya.

“Diharapkan dengan dipasangnya spanduk ini warga masyarakat yang bermukim di sekitar hutan ataupun penggarap lahan hutan tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan untuk menjaga kelestarian ekosistem hutan” tambah Kapolsek.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here