Senori – Kepolisian Sektor (Polsek) merupakan garda terdepan sebagai pelaksana kegiatan kepolisian yang langsung bersentuhan dengan warga masyarakat.

Oleh karena itu, Polsek Senori Polres Tuban Polda Jawa Timur, melaksanakan patroli dengan metode  jalan kaki yang bertujuan menjalin komunikasi untuk menyerap aspirasi dan memberikan rasa aman kepada warga.

Seperti yang dilakukan oleh personel Polsek Senori yang dipimpin oleh KaSPKT Polsek Senori Aiptu Sugeng Waluyo bersama anggota TNI dari Koramil Senori yang melaksanakan patroli jalan kaki di pasar tradisional Desa Jatisari Kec, Senori, Sabtu (31/10/2020) pagi.

Terpantau di lokasi anggota berjalan kaki menyusuri lorong-lorong di dalam pasar. Mereka sesekali berhenti di toko dan lapak warga untuk berdialog dengan pedagang maupun pembeli guna memberikan himbauan dan menyerap informasi dari warga secara langsung.

Tidak hanya dengan pedagang maupun pengunjung pasar, anggota Polsek Senori juga memberikan himbauan kepada Jukir untuk meningkatkan keamanan. Sedangkan kepada Sopir angkutan umum dan Abang becak diberikan himbauan tentang tertib berlalu lintas.

“Memberikan rasa aman dan menyampaikan himbauan kamtibmas kepada warga masyarakat dengan  cara patroli jalan kaki di pasar tradisional,” kata Kapolsek Senori Iptu Suganda.

Lebih jauh Perwira dengan Dua Balok di Pundak ini menjelaskan, patroli jalan kaki adalah salah satu kegiatan dari fungsi Sat Sabhara, dimana patroli jalan kaki ini sangat cocok dan evektif sekali dilaksanakan di tempat keramaian seperti Pasar atau tempat lain yang tidak bisa dilewati kendaraan patroli.

Sementara itu dilokasi berbeda Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H., menjelaskan, dalam menjaga kamtibmas di wilayah Bumi Wali tetap dalam keadaan aman dan kondusif.

Polres Tuban melalui Satuan Fungsi (Satfung) masing-masing dan anggota Polsek jajaran wajib melaksanakan berbagai kegiatan untuk memelihara kamtibmas dan memberikan rasa aman warga masyarakat. Seperti melaksanakan patroli  bermotor, bersepeda maupun patroli jalan kaki di pusat-pusat perbelanjaan dan pemukiman.

“Patroli jalan kaki adalah kegiatan preventif yang dilaksanakan oleh Sat Sabhara dan Polsek jajaran dalam rangka memelihara kamtibmas” imbuh Ruruh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here