polrestuban.com – Sidang ditempat dalam Rangka Operasi Yustisi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan di kabupaten Tuban, Senin (14/9/2020).

Bertempat di jl. Pramuka hari pertama Kegiatan Operasi Yustisi melibatkan TNI-Polri,Pemda Kab. Tuban, Dinas Perhubungan kab. Tuban dengan merujuk pada Perda no 2 tahun 2020 tentang penyelenggaraan Ketertiban umum dan perlindungan masyarakat.
Selain itu jg Peraturan Bupati Nomor 65 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19

Kegiatan ini jg melibatkan Hakim Pengadilan Negeri dan Kejaksaan kab. Tuban dengan mekanisme sidang ditempat menerapkan sanksi denda kepada para pelanggar Protokol Kesehatan.

Dalam operasi tersebut 28 warga terjaring petugas karena kedapatan melanggar protokol kesehatan tidak memakai masker yang selanjutnya mengikuti sidang dan langsung membayar denda ditempat masing-masing sebesar Rp 100 ribu. Selain itu jg berlaku kurungan 3 hari serta kerja sosial apabila pelanggar tidak bersedia membayar besaran denda tersebut.

Kepada awak media yang hadir, Kapolres Tuban berharap agar tersampaikan kepada masyarakat bahwa ini adalah bagian dari upaya pemerintah kab. Tuban menindaklanjuti dari pemerintah pusat supaya masyarakat nanti betul-betul lebih disiplin “nanti ketemu ditempat langsung dilaksanakan sidang ditempat, ini akan kita laksanakan terus berkelanjutan,  mudah-mudahan dituban ini angka konfirmasi terjangkit covid bisa menurun”. Tegas Ruruh.

Ditanya terkait tempat pelaksanaan operasi yustisi ini hanya diseputaran kota atau sampai ke pelosok-pelosok AKBP Ruruh mengatakan bahwa kegiatan ini akan dilakukan secara acak “nanti kita akan tentukan tempat-tempat berikutnya yang memang angka konfirmasi masih tinggi secara acak dan terus menerus” imbuh Ruruh.

Pada kesempatan tersebut hadir juga Bupati Tuban H. Fatkul Huda yang juga menyampaikan “Agar masyarakat Kab Tuban lebih disiplin, sehingga bisa turut memutus penyebaran Covid19”.

Operasi ini dilakukan guna memberikan efek jera kepada masyarakat dalam rangka mendorong kedisiplinan masyarakat untuk menerapkan protokol di tengah mewabahnya virus Covid-19 yang saat ini masih terus bertambah.

Hadir dlm ops yustisi Ketua PN Fathul Mujib, S.H., M.H., dan Dandim Letkol Inf Viliala Romadhon, S.E., M.I.Pol.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here