Tuban – Tinggal sehari lagi AKBP Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H., akan menanggalkan jabatannya sebagai Kapolres Tuban. ia akan digantikan oleh AKBP Darman, S.I.K., yang juga merupakan alumni Akpol 2000 Sanika Satyawada yang sebelumnya menjabat Kapolres Sumenep.

Sesuai rencana serah terima jabatan akan dilaksanakan di Polda Jatim pada kamis (17/06), selanjutnya perwira polisi yang akrab disapa Ruruh itu akan menempati jabatan barunya sebagai Kasubbaglekdikbangum Baglekdik Rodalpers SSDM Polri.

Setelah beberapa hari lalu berkeliling menyambangi kediaman para ulama untuk memohon restu serta mengundang awak media untuk bersilaturahmi, hari ini giliran para personelnya yang ia datangi satu persatu untuk berpamitan, Rabu (16/06)

Sebagai wujud kedekatan antara pimpinan dengan anak buahnya, tak canggung AKBP Ruruh harus berkeliling mendatangi para personelnya yang saat itu sedang melaksanakan apel pagi di bagian maupun fungsi masing-masing.

AKBP Ruruh menyadari betul bahwa keberhasilannya dalam menjaga kondusifitas kamtibmas selama ia menjabat sebagai Kapolres Tuban tak lain berkat dukungan seluruh personelnya

“Pagi ini saya sempatkan untuk pamit kepada rekan-rekan semua karena besok saya akan melaksanakan serah terima dipolda” ucap Ruruh saat mendatangi personelnya.

“Terimakasih atas dukungan rekan-rekan selama ini, tanpa dukungan rekan-rekan semua, saya disini bukanlah apa-apa” Imbuh AKBP Ruruh

“Sekali lagi saya ucapkan terimakasih atas kerjasama, loyalitas dan dedikasi rekan-rekan selama ini sehingga saya bisa melaksanakan tugas selama kurang lebih satu tahun empat bulan dengan lancar” Tuturnya.

“Saya doakan rekan-rekan semua terus diberikan kesehatan dan selalu dalam lindungan Allah SWT” pungkas AKBP Ruruh Wicaksono.

Ditemui usai pamitan kepada personelnya, Kapolres Tuban menjelaskan bahwa tujuannya mendatangi personelnya satu persatu saat berpamitan agar anggota dapat merasakan kehadiran pimpinan bukan sekedar menjadi Komandan namun juga hadir sebagai teman.

“Alhamdulillah, perlu cara-cara berbeda untuk bisa dekat agar anggota merasakan kehadiran pimpinan, jangan sampai anggota merasa jauh seperti langit dan bumi, karena Kapolres harus bisa menjadi atasan, komandan, teman, kolega serta mitra sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada” Tegasnya.

Kesan positif datang dari Kasubbag Humas Polres Tuban, Polisi yang sudah berdinas selama 34 tahun di polres Tuban itu mengatakan baru kali ini ada seorang Kapolres menjelang pindah tugas berpamitan dengan mendatangi personelnya.

“Sudah 21 kali pergantian Kapolres selama saya berdinas dituban ini, baru kali ini ada Kapolres yang berpamitan dengan mendatangi personelnya satu persatu, beliau memang sangat dekat dengan personel.” ucap Iptu Budi Handoyo Kasubbag Humas Polres Tuban.

Hal serupa datang dari Iptu Riyanto, S.H., Kaurbinops sat reskrim itu mengaku sangat terkesan dengan yang dilakukan AKBP Ruruh Wicaksono.

“Selama saya dinas di Tuban baru Kali ini ada Kapolres dalam rangka pamitan dan langsung mengambil apel di masing masing fungsi, semoga beliaunya Bapak Ruruh Wicaksono senantiasa diberikan kesehatan, keselamatan dan kesuksesan dalam berkarir, bahagia beserta keluarga” Ucap Iptu Riyanto.

Kesan positif juga datang dari kaanit patroli lalulintas Iptu Jamhari.

“Beliaunya sangat dekat dan mengerti apa yang dibutuhkan oleh personel, beliau juga bisa masuk di segala elemen masyarakat sehingga Tuban dalam kepemimpinannya menjadi aman dan kondusif” ucap Iptu Jamhari.

Dengan adanya pamitan setiap fungsi membuktikan bahwa AKBP Ruruh memang sosok pimpinan yang selalu dekat dengan anak buahnya, hal itu disampaikan oleh Ipda Syukur Kanit Pam Obvit Polres Tuban.

“Ini merupakan bukti bahwa beliau memang dekat dengan personelnya dan selalu memberikan kenangan yang baik saat akan meninggalkan tempat tugas yang lama” Ucap Ipda Syukur.

Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono merupakan sosok seorang pemimpin yang layak dijadikan contoh bagi personelnya, hal itu disampaikan oleh Ipda Sutrisno, S.H., Kaurbinops sat narkoba
“Beliaunya sangat perhatian terhadap Personel Polres serta patut dijadikan contoh untuk kita semua.” Ucap Sutrisno

Paur kesehatan polres Tuban Aiptu Widodo turut memberikan kesan terhadap AKBP Ruruh Wicaksono.
“Alhamdulillah, beliau Pemimpin yang luar biasa, sangat dekat dan perhatian terhadap kesejahteraan serta kesehatan personelnya, semoga Allah SWT meridhoi setiap langkah beliau” ucap Aiptu Widodo.

Hal senada datang dari Aiptu Abdul Ghofur KSPK Polres Tuban.
“Beliau sangat menghargai dan menyamaratakan seluruh personelnya, terbukti tadi pagi beliau tak canggung berpamitan dengan mendatangi fungsi-fungsi, Salut buat Bapak AKBP Ruruh Wicaksono” Ucap Aiptu Ghofur.

Selama menjabat di Polres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono tidak hanya dikenal sebagai sosok pemimpin yang tegas namun ia juga mempunyai sisi humanis yang mengutamakan rasa kemanusiaan, menghargai dan menghormati orang lain, memiliki rasa empati yang sangat tinggi sehingga tak jarang ia wujudkan dengan kepeduliannya terhadap personel maupun masyarakat disekitarnya, penampilannya yang bersahaja membuat ia tak terlihat layaknya seorang pejabat, ia juga seorang pemimpin yang berjiwa amanah serta sikapnya yang tanggap membuat ia selalu memberikan respon yang cepat dalam setiap laporan yang ia dapatkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here