Polri dan TNI bersama Pemerintah Desa Glagahsari melakukan penanaman rumput vetiver (akar wangi) di bantaran sungai bengawan Solo tepatnya di Desa Glagahsari Kec. Soko Kab. Tuban pada Jumat (08/4).

Selain mencegah terjadinya longsor dan erosi tanah rumpur vetiver bisa menghasilkan minyak atsiri untuk bahan wewangian. Penanaman pohon dihadiri oleh Danramil Soko dan Kapolsek Soko dan di ikuti pula dari relawan Tagana Kabupaten Tuban serta pemuda desa setempat. Kegiatan penanaman rumput vetiver ini adalah rangkaian kegiatan dalam rangka mengurangi terjadinya pengikisan tanah di bantaran bengawan Solo akibat terus menerus tergerus arus dari bengawan Solo, dan juga sebagai kepedulian Polri terhadap pelestarian lingkungan.

Rumput Vetiver dipilih karena rumput ini mampu mencegah longsor saat curah hujan tinggi. Rumput vetiver diketahui mampu mengikat tanah dan setiap penanaman satu rumput bisa tumbuh hingga 120 tunas baru. “Apabila dirawat dengan baik, rumput vetiver bisa dipanen empat hingga lima bulan ke depan,” kata Komjen Agus Andrianto. Rumput hasil panen bisa digunakan untuk minyak wangi. Pasalnya akar rumput dari India ini diketahui menghasilkan minyak atsiri untuk bahan wewangian. Kegiatan tanam rumput vetiver ini juga sinergitas Polri dengan TNI, pemerintahan desa Glagahsari dan juga relaawan tagana Kabupaten Tuban,serta pemuda desa Glagahsari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here