Bhabinkamtibmas Polsek Montong Polres Tuban di samping tugas keseharian memberikan himbauan dan melayani kepada warga masyarakat. Bhabinkamtibmas diberi tugas untuk Melaksanakan kegiatan Tracing Penyakit Mulut dan Kuku Sapi dengan Instansi terkait Mantri Hewan Kecamatan Montong di Desa Binaannya masing-masing kali ini di dsn Topar desa Talangkembar, kamis, 9/6/2022

Kapolsek MontongIptu Haryono, Sh, bahwa dengan adanya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak yang sudah merebak di wilayah Jawa Timur. Untuk Peningkatan Kewaspadaan terhadap kejadian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Agar tidak menyebar ke ternak yang lain.

“kegiatan pengobatan dan teacing terhadap ternak sapi  oleh petugas peternakan kab Tuban di dsn Topar Ds Talangkembar karena kasus ini di jumapai pertama di desa ini yakni pada seorang warga yang baru beli sapi di pasar hewan Tuban ternyata sapi tersebut terjangkit PMK, menurut data dari petugas peternakan di wilayah Montong sudah sekitar 200 sapi yng terinveksi PMK jelas petugas peternakanj.

“Dalam Kegiatan pengobatan dan  Tracing Penyakit’ Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di bekerja sama dengan Instansi terkait  yakni dokter hewan , Mantri hewan Kec. Montong , Juga memberikan himbauan kepada warga masyarakat yang mempunyai hewan ternak, apa bila hewan ternak terjangkit PMK memiliki tanda klinis seperti deman tinggi, mulai 39 hingga 40 derajat celsius, keluar lendir berlebihan dari mulut hewan dan berbusa selain itu terdapat luka-luka seperti sariawan pada rongga mulut dan lidah, tidak mau makan, luka pada kaki dan di akhiri lepasnya kuku, kaki pincang, sulit berdiri, gemetar, napas cepat, produksi susu turun drastis hingga kurus. Dan penyakit ini menyebar lewat lendir dan lendir, dengan tingkat penularan mencapai 90-100 persen,” kata petugas [peternakan.

( polsek montong )

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here