Polres Tuban – Berbeda dengan biasanya, kegiatan pengesahan warga baru perguruan pencak silat IKSPI Kera Sakti yang biasanya dilaksanakan secara terpusat di Padepokan IKSPI Desa Buduran Kabupaten Madiun di karena adanya Pandemi Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 dan dalam upaya mengantisipasi penyebaran Covid-19 yang semakin signifikan, maka kegiatan pengesahan tahun ini dilaksanakan secara virtual atau melalui aplikasi zoom meeting yang diikuti oleh pengurus di masing-masing ranting.

Kegiatan pengesahan warga IKSPI Kera Sakti tahun 2021 secara virtual tersebut juga diikuti oleh Perguruan Pencak Silat IKSPI Kera Sakti Ranting Plumpang angkatan 130 bertempat di Rumah ketua ranting IKSPI Mat Thohir. Desa Kesamben Kecamatan Plumpang. Sabtu sore, (26/06/2021).

Guna untuk mengamankan jalannya kegiatan pengesahan warga IKSPI Kera Sakti Ranting Suruh, personil dari Polsek Suruh Polres Trenggalek bersama dengan personil dari Posramil Suruh Kodim 0806 Trenggalek, yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Suruh melaksanakan kegiatan pengamanan pengesahan warga baru IKSPI Kera Sakti Ranting.

Dalam kesempatan itu Ketua IKSPI Ranting Plumpang sdr Mat Thohir menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh peserta yang telah mematuhi semua aturan termasuk aturan protokol kesehatan dan juga kepada semua pihak yang telah membantu jalannya pelaksanaan pengesahan.

“Adik adik semua peserta pengesahan pada saat ini telah resmi menjadi anggota IKSPI dan dalam pengesahan saat ini berbeda dengan sebelumnya karena adanya pandemi Corona Virus Disease 2019 atau Covid 19 dan bagi adik adik warga IKSPI yang baru disahkan menjadi anggota IKSPI laksanakan sumpah janji yang telah diucapkan dalam kehidupan sehari-hari,” ucap ketua Ranting IKSPI Plumpang.

Masih menurut Ketua Ranting IKSPI, jadilah anggota IKSPI yang baik, jujur, jaga nama baik organisasi dan adik adik tidak boleh berkelahi serta hati hati dengan adanya berita di medsos yang kurang jelas sumbernya dan yang paling penting adalah jangan mudah percaya serta mudah terpropokasi dengan adanya berita berita yang ada di media sosial.

“Setelah selesai kegiatan ini kami minta kepada seluruh peserta dan adik adik anggota IKSPI untuk segera pulang ke rumah masing masing dan berganti pakaian biasa serta tanggalkan pakaian sakralnya,” pesannya

Sementara itu Kapolsek Plumpang Polres Tuban AKP Wahyu Dwi Waluyo, S.H dihadapan warga IKSPI Kera Sakti Ranting Plumpang menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya warga baru IKSPI Kera Sakti dan berharap jika terjadi suatu permasalahan terkait perguruan silat agar dikoordinasikan serta diselesaikan dengan sebaik baiknya serta mengutamakan musyawarah

“Jaga nama baik perguruan pencak silat IKSPI Kera Sakti dan berikan contoh yang baik ditengah tengah masyarakat serta dengan adanya pandemi Covid 19 ini mari kita menjadi pelopor dalam pencegahannya,” tutur Kapolsek Plumpang.

“Setelah acara ini selesai agar para peserta pulang kerumah masing masing dengan tertib dan sebaiknya tidak menggunakan seragam sakral perguruan hal tersebut untuk mencegah hal hal yang tidak diinginkan,” tambah AKP Wahyu.

Saat dikonfirmasi disela sela kegiatan pengesahan warga IKSPI Kera Sakti menyampaikan bahwa untuk pengesahan warga baru kali ini masih dilakukan secara virtual dikarenakan masih dalam suasana Pandemi Covid-19 dan angka penularan Covid 19 yang masih sangat tinggi khususnya di wilayah Jawa Timur

“Dalam kegiatan pengesahan ini dilaksanakan di rumah ketua ranting Saudara Mat Thohir yang berlokasi Dusun Kesamben timur Desa Kesamben dan kegiatan pengesahan ini juga diikuti oleh 17 warga baru serta 17 sesepuh maupun pengurus IKSPI Kera Sakti Cabang Tuban maupun Ranting Plumpang yang dilaksanakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat,” pungkasnya. (alif).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here