Polres Tuban – Unit Patroli Polsek Plumpang patroli ke areal penambangan pasir tradisional di desa Kedungrojo dan menyampaikan himbauan kepada para penambang pasir tradisional tersebut agar tidak menggunakan mesin penyedot pasir karena dapat merusak lingkungan dan ekosistem di sungai bengawan solo (Sabtu, 11/09/2021).

Polsek plumpang akan langsung menyita dan menertibkan penambang pasir yang menggunakan mesin. Hal ini bukan tanpa alasan karena  akibat dari penambang pasir yang menggunakan mesin ini dapat menyebabkan erosi sehingga merusak bantaran sungai bengawan solo dan di khawatirkan dapat menyebabkan ambruknya bantaran sungai bengawan solo serta menyebabkan banjir dan mengancam pemukiman warga.

Selain itu lewat bhabinkamtibmas di sekitar desa yang di lewati sungai bengawan solo selalu menyampaikan himbauanya agar selalu peduli dan cinta terhadap sungai bengawan solo tersebut. Sehingga di harapakan segenap warga yang ada di bantaran sungai bengawan solo akan ikut menjaga kelestaruan lingkungannya untuk kebaikan bersama.

Di hubungi secara terpisah Kapolres Tuban AKBP Darman, S.I.K. melalui Kapolsek Plumpang AKP Wahyu Dwi Waluyo, S.H. mengatakan “Kami dari Polsek Plumpang akan terus mengawasi penambang pasir yang ada di wilayah plumpang dan apabila menemukan penambang pasir yang menggunakan mesin akan langsung kita ambil tindakan tegas demi menyelamatkan lingkungan dan ekosistem di bengawan solo terutama untuk menjaga agar bantaran sungai bengawan solo tetap kokoh berdiri” pungkasnya. (alif).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here