Widang – Polisi bersama TNI dan Pol PP memperketat pengamanan dan pengawasan di titik perbatasan antara Kabupaten Lamongan dengan Kabupaten Tuban, tepatnya di Jembatan Widang, Rabu (06/04/2022) malam. Hal tersebut dilaksanakan karena di Wilayah Kabupaten Lamongan ada Kegiatan Konvoi yang dilakukan oleh Perguruan Silat selama beberapa hari terakhir.
” Pengamanan dilakukan untuk mencegah pergerakan masa pesilat yang hendak masuk ke Wilayah Kabupaten Lamongan. Malam ini kita laksanakan Apel dan Pengamanan Personil Gabungan guna mengantisipasi adanya pergerakan dari Wilayah Tuban yang melalui perbatasan di Jembatan Widang, ” ujar Kapolsek Widang AKP Rukimin, S.H.M.H., usai memimpin kegiatan Apel.
Untuk Polres Tuban melakukan pembatasan mobilitas anggota perguruan silat di jembatan Widang, yang merupakan perbatasan antara babat Lamongan dengan Widang Tuban. Tidak hanya Tuban, Namun Bojonegoro, lalu Mojokerto, Mojokerto Kota, Gresik dan Jombang juga melakukan hal yang sama diwilayahnya yang berbatasan dengan Kabupaten Lamongan, ” terang Kapolsek
Kita hentikan kendaraan yang menuju ke arah Lamongan, jika dalam pemeriksaan diketahui ada simbol perguruan, baik berupa baju, kaos, ikat kepala, bendera umbul umbul dan semacamnya yang berkaitan dengan perguruan silat kita arahkan untuk putar balik menuju daerah asalnya, ” tegas Kapolsek.
Selain pemeriksaan atribut, yang jadi perhatian kita juga adalah senjata tajam berupa pisau, clurit, ger sepeda, potong besi, batu, sabuk modifikasi, bahan peledak (petasan ukuran besar) dan juga minuman keras, ” jelas Kapolsek.
Kemudian Kapolsek menghimbau kepada seluruh perguruan silat yang ada supaya tidak memprovokasi di bulan Ramadhan ini dengan kegiatan seperti konvoi yang di lakukan di Wilayah Kabupaten Lamongan.
” Tindakan yang dilakukan oleh Perguruan Silat dari kelompok tertentu dengan melakukan kegiatan konvoi akan mengundang kerawanan gesekan, baik dengan warga masyarakat maupun dengan antar perguruan silat yang lain. Mari kita jaga ketenangan dan kesucian bulan ramadhan dengan tidak melakukan kegiatan yang meresahkan, ” imbau Kapolsek.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here