polrestuban.com – PolresTubanPoldaJatim Dalam upaya mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas dan  memberikan rasa aman kepada warga masyarakat. Polsek Senori Polres Tuban memiliki metode rutin melakukan sambang ke tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda yang ada Kecamatan Senori.

Aktivitas sambang  tersebut dilakukan oleh 12 personel Bhabinkamtibmas Polsek Senori di Desa binaan masing-masing. Pelaksanaan sambang biasa dilakukan pada waktu siang ataupun malam hari sesuai dengan kondisi di lapangan.

Seperti yang dilakukan oleh Aipda Ahmadi, selalu Bhabinkamtibmas Desa Wonosari Kec, Senori yang melaksakan sambang dengan bersilaturahmi kepada tokoh masyarakat desa setempat, Senin (10/8/2020).

Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H., melalui Kapolsek Senori Iptu Suganda, S.H., menjelaskan, anggota Polsek Senori menggali informasi dari masyarakat terkait potensi kejahatan, gangguan kamtibmas, dan sebagainya melalui kegiatan sambang.

Selain itu anggota juga diwajibkan memberikan informasi. Karena upaya mencegah terjadinya tindakan kejahatan salah satunya memberikan informasi. Selain itu anggota Bhabinkamtibmas juga harus tetap mengedepankan sikap humanis dengan tidak meninggalkan senyum, sapa dan salam.

Lebih jauh Iptu Suganda mengatakan, manfaat sambang ke warga akan dirasakan bukan hanya oleh masyarakat, melainkan oleh anggota polisi ketika melaksanakan tugas di lapangan karena akan mudah dikenal masyarakat.

“Apalagi kegiatan ini akan dilaksanakan setiap hari dan salah satu manfaatnya bertambah mitra yang baru,” imbuh Kapolsek.

Dikan (48), salah seorang tokoh masyarakat Desa Wonosari Kec, Senori mengaku, sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Senori. Dirinya berharap kunjungan petugas kepolisian bisa ditingkatkan dengan memberikan motivasi kepada masyarakat agar meningkatkan pengawasan pada malam hari melalui kegiatan pos kamling.

“Pos kamling ini sangat bermanfaat bagi keamanan dan ketertiban akan tetapi sudah lama ditinggalkan oleh warga, oleh karena kita berharap Polri kembali aktif mengajak warga melakukan pos kamling,” ungkapnya.

Karena pada dasarnya pengamanan bukan hanya tugas kepolisian melaikan masyarakat juga memiliki kewajiban menjaga keamanan minimal di lingkungan masing-masing atau istilahnya menjadi Polisi bagi diri sendiri dan warga masyarakat, imbuh laki-laki yang menjadi Ketua RW di Desa Wonosari ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here