polrestuban.com – PolresTubanPoldaJatim  Sewaktu melaksanakan patroli bersama dengan petugas Perhutani di kawasan hutan RPH Byangbali. Personil Polsek Senori yang dipimpin oleh Aiptu Karsojo berkesempatan memberikan himbauan kepada warga penggarap persil di lahan Perhutani, Minggu (6/9/2020) siang.

Himbauan tersebut dilaksanakan sewaktu anggota berdialog dengan  warga penggarap persil yang kebetulan lewat di jalan depan Pos PTM Perhutani RPH Byangbali KPH Parengan masuk wilayah Desa Kaligede Kec, Senori Kab, Tuban.

“Mengajak warga untuk menjaga kelestarian alam dengan tidak melakukan pembakaran hutan” tutur Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H., melalui Kapolsek Senori Iptu Suganda, S.H.

Lebih jauh Perwira Polisi dengan Dua Balok di Pundak ini menjelaskan, Kebiasaan warga yang tinggal di sekitar hutan, bilamana akan membuka dan menggarap lahan milik Perhutani adalah dengan cara membakar semak ataupun rumput kering sehingga rawan sekali terjadi kebakaran hutan.

Oleh karenanya dalam pelaksanaan patroli di kawasan hutan ini kita menghimbau kepada warga masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran ketika membuka lahan,  tambahnya.

Ditempat yang sama Eko Setiawan petugas Perhutani dari RPH Kaligede menyatakan pihaknya secara rutin melaksanakan patroli di kawasan hutan bersama dengan anggota Polsek Senori. Selain untuk mengantisipasi terjadinya tindak pidana pencurian kayu jati dan kebakaran hutan.

Kegiatan patroli bersama tersebut juga untuk mencegah terjadinya kejahatan yang lain, seperti yang telah dijelaskan oleh Kepolisian kepada warga masyarakat penggarap lahan persil milik PT. Perhutani, jelasnya.

“Kita pastikan hutan tetap lestari, warga penggarap pun aman dalam bekerja” imbuh Eko.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here