Senori – Kepala Kepolisian Resor (Polres) Tuban Polda Jawa Timur AKBP Darman, S.I.K., melaksanakan silatuhrahmi kepada ulama di wilayah Kecamatan Senori dalam rangka menjalin sinergi Polri dan Ulama sebagai upaya menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah Kab, Tuban, Rabu (25/5/2022).

Di dampingi Wakapolsek Senori IPDA Joko Susanto, S.H., ulama yang siang itu di kunjungi oleh Kapolres Tuban adalah K.H. Muhammad Muhyiddin. Beliau adalah ulama yang berdomisili di Desa Jatisari Kecamatan Senori yang juga merupakan pengasuh Ponpes Mansyaul Huda 02 Desa Jatisari Kec, Senori.

“Merajut tali silaturahmi dengan para ulama untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif” tutur Kapolres AKBP Darman.

Lebih jauh Perwira dengan Dua Melati di Pundak ini menambahkan dalam rangkaian silaturrahmi tersebut selain memperkenalkan diri, Kapolres juga mengajak tokoh agama untuk bersama-sama menjaga kamtibmas dan kerukunan antar warga. Kususnya adalah mengantisipasi perkembangan pandemi Covid-19.

“Kita berharap para Ulama ikut berperan penting dalam memberikan himbauan kesejukan dalam setiap tauziahnya” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut Kapolres juga menyampaikan wacana penanaman bibit pohon durian di lahan area seluas 200 sampai 300 hektare per desa di wilayah kecamatan di Kabupaten Tuban.

Kapolres pun secara khusus, memanggil dua kepala desa yakni desa Kaligede Suprapto dan Kades Rayung Sutomo. Hal ini dilakukan Darman untuk meminta ketersediaan serta memastikan tempat lahan pengolahan seluas 200 sampai 300 hektare untuk ditanami pohon durian.

“Potensi wisata kampung durian berbasis desa serta pengangkatan nilai ekonomi petani akan bertambah bila proyeksi tanam durian ini dikerjakan,” imbuhnya.

Menanggapi itu, Kades Rayung Sutomo mengatakan, buah durian memang menjadi potensi luar biasa dalam pengembangan wisata dan perekonomian warga di desa. Sebab itu, pihaknya akan menindaklanjuti dengan cara mensosialisasikan ke pemilik lahan (warga) maupun pesanggem di desanya untuk menyiapkan lahan 300 hektare area sebagai percontohan progam tanam buah durian.

“Kami akan rembuk desa untuk progam tanam durian seperti yang diutarakan oleh pak kapolres. kami harap hasil rembuk desa atau sosialisasi, warga bisa menerima progam tanam duren tersebut, yang tentunya ini bisa mendongkrak perekonomian warga tiap tahunnya,’’ ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here