polrestuban.com – PolresTubanPoldaJatim Pengguna jalan yang kedapatan tak menggunakan masker mendapatkan hukuman berupa Push up, melafalkan teks Pancasila dan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh petugas gabungan dari Polsek Plumpang, TNI, Dan Sat Pol PP Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban. Kamis malam, (17/09/2020).

Kapolsek Plumpang IPTU Wahyu Dwi Waluyo, S.H. mengatakan, pihaknya beserta anggotanya dan Forkopimcam setempat melakukan kegiatan tersebut dalam rangka melaksanakan Inpres nomer 6 thn 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

“Selain memberikan sosialisasi dengan membagikan masker gratis, kita juga memberikan sanksi bagi yang tak mengenakan masker. Sebanyak 150 masker yang dibagikan dalam giat tersebut,” ucapnya.

Pemberian hukuman tersebut, lanjut Wahyu, untuk memberikan efek jera bagi warga agar selalu mematuhi protokol kesehatan terutama memakai masker saat keluar rumah. Hal itu sebagai upaya pencegahan serta penularan Covid-19.

“Hukuman seperti ini agar ada efek jera dan selalu memakai masker jika keluar rumah. Kalau kita cuma memberikan masker gratis tanpa ada hukuman, maka akan diulangi lagi karena dianggap sepele. Tapi kalau kayak gini kan warga jadi malu dilihat orang banyak, dan akhirnya kemana-mana pakai masker,” terangnya.

“Hukuman ini juga sebagai wujud kecintaan pada diri sendiri dan orang lain terhadap bahaya Covid-19. Selain itu, kan bertepatan dengan momen kemerdekaan Indonesia, jadi sekalian menunjukkan kecintaan pada Bangsa ini,” pungkasnya. (alif).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here