polrestuban.com – PolresTubanPoldaJatim Tanggul Kali Ovour di Dusun Kuwu Desa Widang Kecamatan Widang Kabupaten Tuban jebol, Sabtu (09/01/2022) sore. Ratusan hektar sawah dan tambak terancam gagal panen._
” Sawah yang ditanami padi saat ini sedang  menunggu panen sekitar 2 – 3 Minggu lagi, sedang Tambak rata rata berisikan benih udang jenis vanami dan juga ikan bandeng.
Tanggul yang jebol panjangnya sekitar dua puluh. Diduga tanggul jebol akibat curah hujan yang tinggi, dan diterjang derasnya arus.
“Tanggul sudah sempat ambrol namun diperbaiki seadanya,” kata Bripka Karjono Bhabinkamtimas Polsek Widang yang mendatangi lokasi bersama Jaswoto Kadus Kuwu.
Sebelum kejadian, hujan deras mengguyur sejak kemarin. Saat ini Bhabinkamtimas saya minta untuk memonitor di pemukiman warga khususnya di Dusun Kuwu, ” ujar Kapolsek Widang AKP Totok Wijanarko, S.Pd.
AKP Totok Wijanarko menjelaskan, jebolnya tanggul diperkirakan karena tidak kuat menahan arus sungai yang deras ketika hujan dan mendapat kiriman air dari Wilayah Kecamatan Rengel serta Plumpang.
” Untuk keamanan dan keselamatan, kami sampaikan lewat Bhabinkamtimas dan pak Kadus Kuwu agar semua aliran listrik yang ada di sawah maupun tambak untuk diputus, ” imbuh Kapolsek.
Perlu diketahui bahwa sebagian warga / petani di lokasi kejadian memakai aliran listrik untuk menjaga sawah dari serangan hama tikus.
” Begitu pula dengan yang ditambak, aliran listrik dimanfaatkan guna energi penggerak dinamo untuk mesin diesel saat memompa air. Karena situasi banjir, kita minta untuk diputus, ” tegas Kapolsek.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here