Polsek Senori – Sambang Desa merupakan salah satu tugas pokok Bhabinkamtibmas untuk menyampaikan himbauan serta pesan-pesan Kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat). Sambang oleh Bhabinkamtibmas Desa Banyuurip Polsek Senori Polres Tuban dimanfaatkan pula untuk memberikan himbauan terkait pencegahan PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) yang menyerang pada hewan ternak.

Bhabinkamtibmas Desa Banyuurip, Bripka Abdul Gofur mendatangi kandang sapi milik Sarono (peternak), warga Dusun Jangur, Desa Banyuurip, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, untuk menjelaskan ciri-ciri hewan ternak yang terindikasi penyakit PMK, Rabu (13/7/2022).

“Sekarang ini sedang ada wabah penyakit mulut dan kuku. Ciri-cirinya mengeluarkan air liur berlebihan, masalah pada kaki dan kukunya terluka, nafsu makan berkurang. Jadi diharapkan warga selalu menjaga kebersihan kandang sapinya, jaga pola makan hewan agar tetap sehat,” jelas Abdul Gofur.

Sementara itu Kapolres Tuban AKBP Rahman Wijaya, S.I.K, S.H., M.H., melalui Kapolsek Senori AKP Ali Kanapi, S.H., saat dikonfirmasi di Mapolsek Senori mengatakan bahwa selama adanya wabah PMK yang menyerang ternak warga, pihaknya menerjunkan Bhabinkamtibmas untuk melakukan sambang warga yang memiliki hewan ternak, untuk melaksanakan pendataan dan binluh pencegahan PMK.

“Bhabinkamtibmas sebagai salah satu unit ujung tombak Kepolisian dalam pembinaan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat. Kami terus berupaya bagaimana masyarakat menjaga kesehatan ternaknya guna  mencegah penyebaran wabah PMK ini,” ungkap Kapolsek.

Lebih jauh Kapolsek Senori menambahkan, bahwa Bhabinkamtibmas diwajibkan melakukan koordinasi dengan stakeholder holder yang ada di desa maupun dengan warga untuk memberikan penanganan dengan cepat bila menemui indikasi adanya PMK.

“Diharapkan selalu berkoordinasi bila ada indikasi PMK pada hewan ternak di lingkungan warga desa binaannya bisa langsung memberitahukan kepada perangkat desa atau kepala desa, nantinya akan diteruskan kepada instansi terkait agar tidak menyebar ke hewan yang lain,” pungkas AKP Ali Kanapi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here