Humas.com Widang – Setelah keluarnya SE / Surat Edaran Gubernur Jawa Timur Nomor : 451/14901/012.1/2021 tentang PPKM ditempat Ibadah dan petunjuk pelaksanaan Takbiran, Sholat Idul Adha serta petunjuk teknis pelaksanaan Qurban TH 2021.
Hari ini, Jum’at (09/07/2021) Kepala Kepolisian Sektor Widang AKP Totok Wijanarko, S.Pd., menginstruksikan kepada jajarannya untuk segera menindaklanjuti dengan bersinergi bersama Babinsa dan Kades mensosialisasikan kepada masyarakat.
Adapun SE Gubernur Jawa Timur tersebut mengatur bahwa ” selama pemberlakuan PPKM darurat, peribadatan ditempat ibadah seperti, Masjid, Musholla, Pura, Vihara dan Klenteng serta serta tempat ibadah lainnya yang difungsikan sebagai tempat untuk ibadah, yang dikelola oleh masyarakat, pemerintah maupun perusahaan DITIADAKAN sementara, dan selanjutnya kegiatan peribadatan dapat dilakukan di rumah masing-masing.
Ditekankan untuk kegiatan kumandang adzan, bunyi lonceng / bel gereja, Trisha nya, dan tanda lainnya sebagai tanda masuknya waktu ibadah tetap dapat dikumandangkan / dibunyikan. Begitu pula untuk tempat ibadah supaya tetap dijaga kebersihannya maupun kesuciannya, ” ucap Kapolsek membacakan isi SE Gubernur Jawa Timur dihadapan anggota.
Sedang ketentuan mengenai Takbiran, Sholat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban, sudah saya share di grup WA Polsek, supaya semua anggota membaca dan mempedomani serta meneruskan kepada masyarakat, ” imbuh Kapolsek AKP Totok Wijanarko.
Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek juga menyampaikan SE Bupati Tuban Nomor : 367/ 3851/ 414.012/2021 tentang penerapan jam malam masa pemberlakuan PPKM darurat di Kabupaten Tuban.
Dalam SE Bupati Tuban tersebut tertuang diantaranya ; menerapkan jam malam dan pembatasan aktivitas masyarakat diluar rumah sampai dengan pukul 20.00 Wib diseluruh Wilayah Kabupaten Tuban.
Lalu pada poin kedua, bahwa segala bentuk aktivitas masyarakat yang tidak penting dan tidak mendasar, wajib dihentikan saat pemberlakuan jam malam.
Selanjutnya, segala bentuk pelanggaran atas pemberlakuan jam malam, maka sebagaimana dimaksud pada poin pertama agar ditindak tegas sesuai perundangan.
Untuk penegakan aturan, ditekankan dalam SE Bupati Tuban bahwa Satpol-PP maupun perangkat daerah lainnya didukung penuh oleh TNI, Kepolisian dan Kejaksaan bersinergi dalam menegakkan pemberlakuan jam malam di Kabupaten Tuban, ‘ pungkas Kapolsek menutup pembacaan SE Gubernur dan SE Bupati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here