Waktu yang tersisa kurang dari dua pekan dalam gelaran Pilkada Tuban, dimanfaatkan oleh Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H., untuk memantau kondisi Kamtibmas secara langsung di Wilayah jajarannya, utamanya Wilayah yang dikategorikan rawan mengalami bencana alam banjir, Kamis,(26/11/20).
Tak sendiri, pengecekan dengan dilibatkannya PJU sebagai bentuk keseriusan. Kali ini, lokasi yang menjadi perhatian serius adalah sekitaran aliran sungai Bengawan Solo yang melintasi sebagian Wilayah Kabupaten Tuban bagian selatan. Lokasi ini dipetakan sebagai kawasan rawan banjir dan tanggul longsor /amblas.
Salah satu Tanggul yang di pantau adalah di Dusun Tanggir Desa Patihan Kecamatan Widang. Keberadaan tanggul sungai yang rendah mengakibatkan lokasi tersebut menjadi langganan banjir manakala musim penghujan, baik karena hujan disekitar lokasi maupun luapan sungai karena kiriman air dari hulu sungai.
Melihat kondisi tersebut, Kapolres Tuban menaruh perhatian khusus, dan meminta Jajarannya untuk melakukan koordinasi dengan pihak pihak terkait yang berhubungan dengan agenda Pilkada, supaya lokasi tersebut tidak ditempatkan TPS saat pemungutan suara Pilkada Tuban 9 Desember nanti.
” Di sekitar lokasi yang menjadi langganan banjir sebaiknya jangan ditempatkan TPS, ini untuk menghindari naiknya debit air saat musim penghujan dan bisa merusak fasilitas di TPS sehingga kegiatan bisa terganggu,’ ujarnya.
Lanjut Kapolres, Pihaknya berkomitmen untuk menjaga keamanan digelaran Pilkada Tuban. Baik aman dari sisi Gangguan Kamtibmas maupun dari ancaman terjadinya bencana alam. Kita harus sigap dari awal, ” ucap Kapolsek AKP Totok Wijanarko, S.Pd., mengulang perkataan Kapolres saat mendampingi dilokasi.
Seluruh personil tentu akan kita kerahkan semaksimal mungkin. Sudah ada pola pengamanan, dimana berapa TPS yang maksimal bisa dijaga oleh satu anggota Polri. Saat ini disamping fokus pada pengamanan, kepolisian juga akan bertambah tugas dengan pengawasan kegiatan di TPS agar tidak terjadi kerumunan yang berpotensi menjadi Klaster penyebaran Covid’19,” imbuh Kapolres.
Mapping potensi kerawanan, meliputi sosial, Kamtibmas dan bencana alam di gelaran Pilkada Tuban sudah terdata dengan baik oleh Kepolisian, untuk itu kita lakukan pengecekan langsung ke lapangan agar bisa diambil langkah dan kebijakan yang tepat.
” Kita harapkan dalam gelaran Pilkada Tuban berlangsung damai, aman dan sehat. Aman dari Gangguan Kamtibmas, Damai tidak ada gejolak, dan berjalan dengan menerapkan Protokol Kesehatan, serta terhindar dari bencana banjir, termasuk diantaranya penempatan lokasi TPS,” ungkap Kapolres.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here