Polres Tuban – Perkembangan kasus konfirmasi Covid-19 di Wilayah Jawa timur yang masih terus bertambah disebabkan masih banyaknya pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan oleh masyarakat seperti halnya tidak mengenakan masker dan tidak menjaga jarak saat beraktivitas di ruang publik sehingga menjadikan penyebab utama angka penularan Covid-19 terus bertambah.

Fenomena tersebut membuatĀ Polda Jawa Timur yang di inisiasi oleh Kapolda Jatim Irjen Pol. Dr. M. Fadil Imran, M.Si., membentuk dan me-launching secara serentak Tim khusus “Mobile Covid-19 Hunter” pemburu pelanggar protokol kesehatan di seluruh Polres jajaran Polda Jatim tak terkecuali Polres Tuban, rabu malam (16/09/2020).

Bertempat di halaman depan Pemda Kabupaten Tuban Kegiatan launching sekaligus pemberangkatan “Mobile Covid-19 Hunter” Pemburu pelanggar protokol kesehatan tersebut oleh Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H dan dihadiri Dandim 0811 Tuban Letkol Inf Viliala Romadhon, S.E., M.I.Pol., Sekda Kab. Tuban Dr. Ir. Budi Wiyana, M.Si. Kasatpol PP Hery Muharwanto, S.Sos., M.Si., PJU Polres Tuban serta Satgas Inpres No 6 tahun 2020 Kabupaten Tuban.

Maksud dilaunchingnya “Mobile Covid-19 Hunter” pemburu protokol kesehatan tersebut untuk membantu dan memperkuat Satgas Inpres No 6 tahun 2020 yang sudah terbentuk sebelumnya dalam melakukan penegakan hukum terhadap pelanggar protokol kesehatan.

Di launchingnya mobile Covid-19 Hunter tersebut bertujuan untuk menumbuhkan rasa kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap pentingnya protokol kesehatan dengan harapan dapat meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan-peraturan tentang protokol kesehatan yang sudah ada, baik Inpres No 6 Tahun 2020 maupun Perbup No 65 Tahun 2020 guna mewujudkan supremasi peraturan daerah dan memberi kepastian hukum untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di sektor publik sehingga bisa menciptakan kegiatan ekonomi yg sejalan dengan protokol kesehatan.

Mobile Covid-19 Hunter pemburu protokol kesehatan yang di awaki oleh personel Polres Tuban ini sebagai unit yang bertugas melakukan penyelidikan dan penyidikan pidana terkait protokol kesehatan yang dalam pelaksanaan tugasnya berkolaborasi dengan aparat penegak hukum lainya dengan tetap mengedepankan prinsip penegakan hukum protokol kesehatan yang humanis, cepat, mudah dan akuntabel

Diharapkan dengan di launchingnya Tim khusus “Mobile Covid-19 Hunter” Pemburu pelanggar protokol kesehatan ini mampu bekerja secara maksimal sehingga bisa memutus rantai penyebaran Covid-19 yang ada di Kabupaten Tuban.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here