polrestuban.com – PolresTubanPoldaJatim Penolakan oleh masyarakat ketika hendak dikebumikan jenazah Covid-19 di TPU, khususnya jenazah yang berasal dari luar wilayah, yang oleh pihak keluarga diminta untuk dikebumikan di TPU tepat asal karena alasan tertentu agar ini disosialisasikan oleh Bhabinkamtimas.
” Demikian yang disampaikan oleh Waka Polsek Widang IPTU Ali Mas’ud, S.H., saat memberikan arahan kepada para Bhabinkamtimas Polsek Widang saat pelaksanaan apel pagi di halaman kantor Polsek, Selasa 12 Januari 2021.
¬†Apa yang dialami bukanlah aib, melainkan murni wabah yang bisa menimpa siapa saja tanpa kecuali. Virus tersebut telah menyebar di seluruh dunia, hingga menyebabkan banyak kematian. Pesan ini harus sampai kepada masyarakat,” ucap Wakapolsek.
Kalau ada informasi akan adanya pemakaman jenazah Covid’19 yang dari luar wilayah, agar Bhabinkamtimas segera menjalin komunikasi dengan Pemdes / Kades binaan masing-masing. Jangan sampai jenazah sudah tiba, kemudian terjadi penolakan pemakaman.
” Mengantisipasi hal tersebut agar tidak terjadi di wilayah kita, ini tugas Bhabinkamtimas untuk bersinergi dengan 3 Pilar tingkat desa melakukan kegiatan edukasi maupun sosialisasi kepada seluruh masyarakat. Namun demikian memang benar perlu perhatian khusus dalam pelaksanaan pemakaman, yaitu penerapanan protokol kesehatan, ” tegas Waka Polsek.
Tidak kita pungkiri, Pandemi Covid-19 menciptakan ketakutan dan kepanikan di tengah masyarakat. Semua orang ingin lingkungan tempat tinggalnya aman dari virus ini. Hal itu membuat sebagian masyarakat melakukan tindakan penolakan, seperti menolak kehadiran pasien positif di lingkungannya, hingga menolak pemakaman jenazah pasien Covid-19.
” Untuk itu, pada kesempatan ini kami sampaikan, agar seluruh Bhabinkamtimas Polsek Widang segera turun ke desa binaan masing-masing, lakukan sinergi dengan 3 Pilar tingkat desa, edukasi masyarakat bagaimana menerapkan protokol Kesehatan, serta beri pemahaman yang benar tentang perlakuan jenazah Covid’19, ” pungkas Waka Polsek.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here