Senori – Pemerintah Desa Rayung didukung Pemerintah Kecamatan Senori Kabupaten Tuban melaksanakan sosialisasi tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2022 di balai Desa Rayung Kecamatan Senori, Kamis (23/6/2022).

Sosialisasi yang berlangsung pukul 09.00 Wib, tersebut dihadiri oleh Wakaposek Senori Ipda Joko Santoso, Sekcam Senori Dasar, S.E., Kades Desa Rayung Soetomo, Bhabinkamtibmas dan Babinsa. Selain itu ada Perangkat Desa beserta tokoh masyarakat dan elemen Desa Rayung seperti BPD, PKK, RT/RW, Karang Taruna dan tokoh masyarakat.

Mahbub selaku Sekretaris Desa Rayung menjelaskan, dalam sosialisasi kali ini pihaknya mensosialisasikan kepada warga masyarakat Desa Rayung yang telah diwakilinya oleh berbagai elemen masyarakat tentang pelaksanaan Pilkades yang rencananya akan diselenggarakan pada bulan Oktober 2022.

“Untuk saat ini tahapan Pilkades masih dalam tahap sosialisasi kepada warga masyarakat” ujarnya.

Sementara itu Dasar, Sekretaris Camat Senori menjelaskan, bahwa pendaftaran Cakades tidak dipungut biaya alias gratis. Adapun syarat untuk menjadi Cakades, yakni siapapun bisa mencalonkan diri asalkan Warga Negara Indonesia (WNI), baik dari desa setempat maupun luar desa.

Namun, terdapat teknis aturan baru yang harus disosialisasikan ke masyarakat desa. Seperti, Pilkades minimal harus diikuti 2 orang pendaftar sebagai cakades, dan maksimal 5 orang Cakades. Selain itu, nantinya kepala desa harus memanfaatkan konten lokal dari hasil tanah hak kelola (bengkok) untuk pengentasan fakir miskin.

“Aturan ini sudah tertuang dalam perbup nomor 20 tahun 2018” tuturnya.

Wakapolsek Senori Ipda Joko Santoso, dalam sambutannya pada kegiatan tersebut mengimbau kepada warga masyarakat kususnya warga desa Rayung agar tetap menjaga kerukunan dengan mengedepankan komunikasi dan koordinasi.

“Jangan sampai momen Pilkades dimanfaatkan oleh pihak pihak tertentu karena pilkades rentan dibuat perpecahan,” pesannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here